Nasional

Pendaftaran UTBK 2019 Gelombang I Dibuka, Yuk Catat Syarat hingga Tahapannya!

JAKARTA - Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Gelombang I sudah mulai dibuka Jumat (1/3/2019) hari ini pukul 10.00 WIB. UTBK menjadi syarat wajib untuk mendaftar SBMPTN.

Dikutip dari laman resmi ltmpt.ac.id, UTBK akan digelar dalam dua gelombang yakni gelombang I dan gelombang II. Gelombang I kali ini pendaftaran dijadwalkan ditutup hingga tanggal 24 Maret pukul 23.59 WIB.

UTBK dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2017, 2018, 2019 serta lulusan paket C tahun 2017, 2018, dan 2019.

Tahap Pendaftaran

UTBK Gelombang I dilakukan melalui beberapa tahap.

  1. Peserta harus mendaftar melalui laman https://pendaftaran-utbk.sbmptn.ac.id menggunakan NISN dan NPSN untuk mendapatkan username dan password.
  2. Peserta harus mengunggah pas foto berwarna terbaru, mengisi data, memilih jenis dan sesi ujian, serta lokasi Pusat UTBK PTN untuk mendapatkan slip pembayaran UTBK.
  3. Membayar di Bank Mandiri, Bank BNI, atau Bank BTN menggunakan slip pembayaran kecuali bagi pendaftar Bidikmisi. Pembayaran harus dilakukan paling lambat 1 x 24 jam.
  4. Melakukan login ke laman pendaftaran di https://pendaftaran-utbk.sbmptn.ac.iduntuk mencetak kartu peserta UTBK.
  5. Mengikuti UTBK sesuai dengan hari, tanggal, sesi, dan lokasi Pusat UTBK PTN yang dipilih.

Dikutip dari tribunnews.com, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) memberikan kesempatan bagi para peserta untuk mengikuti UTBK maksimal dua kali. UTBK memberikan kesempatan bagi para siswa kelas XII yang tidak lolos dalam SNMPTN. Selain kelas XII, alumnus lulusan dua tahun sebelumnya juga diberikan kesempatan.

Peserta hanya boleh mengikuti UTBK maksimal dua kali. Berikut ini ketentuan yang harus kamu tahu untuk pendaftaran UTBK:

  1. UTBK kelompok Saintek satu kali dan kelompok Soshum satu kali; atau kelompok Saintek dua kali; atau Kelompok Soshum dua kali.
  2. Peserta yang ingin mengikuti tes satu kali dapat mendaftar pada gelombang pertama atau gelombang kedua.
    • Pendaftaran UTBK: Gelombang Pertama tanggal 1-24 Maret 2019 dan Gelombang Kedua tanggal 25 Maret-1 April 2019.
    • Waktu pelaksanaan Tes untuk peserta pendaftar gelombang pertama tanggal 13 April - 4 Mei 2019 dan waktu pelaksanaan Tes untuk peserta pendaftar gelombang kedua tanggal 11 Mei - 26 Mei 2019.
  3. Peserta yang ingin mengikuti tes dua kali harus mendaftar di gelombang pertama dan gelombang kedua (waktu pendaftaran dan pelaksanaan tes seperti tertera di butir 2). Peserta yang mendaftar hanya di gelombang kedua hanya dapat mengikuti 1 (satu) kali tes pada tanggal 11 Mei - 26 Mei 2019

Syarat pendaftaran UTBK

Dilansir dari detik.com, berikut ini persyaratan pendaftaran UTBK:

  1. Siswa SMA/MA/SMK Kelas 12 pada tahun 2019 atau peserta didik Paket C tahun 2019.
  2. Lulusan SMA/MA/SMK/Sederajat tahun 2017 dan 2018 atau lulusan Paket C tahun 2017 dan 2018.
  3. Membayar biaya UTBK.

Sementara itu biaya yang dibutuhkan untuk mendaftar UTBK sebesar Rp 200.000 setiap mengikuti tes. Sementara bagi calon peserta bidikmisi yang dinyatakan lolos persyaratan tidak dipungut biaya apapun. Sama seperti pada tes SNMPTN, pada tes UTBK kali ini LTMPT juga memberikan kesempatan bagi para peserta bidikmisi.

Mengenai mekanisme pendaftaran dalam UTBK, Dibelmawa menjelaskan jika peserta bidikmisi terdaftar cukup mendaftar langsung di laman UTBK. Peserta hanya perlu memasukkan KAP dan PIN peserta bidikmis serta mengisi data-data yang tersedia.

Dikutip dari Instagram Sekretariat SNMPTN, @sekresnmptn, LTMPT mencatat tahun ini sebanyak 2.330.433 akan lulus. Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) bertujuan untuk memprediksi calon mahasiswa yang mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik dan tepat waktu.

Selain itu untuk memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa mengikuti tes secara fleksibel dalam memilih waktu dan lokasi tes. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?