Nasional

Semenit Bisa Layani 3.000 Pendaftar UTBK, Ditutup 24 Maret

SURABAYA – Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) setelah sementara waktu ditutup, kini sudah bisa dibuka kembali mulai Senin 4 Maret 2019 pukul 8.00 WIB. Berdasarkan pengakuan dari Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Ravik Karsidi  satu jam setelah dibuka, proses pendaftaran berjalan lancar.

“Hal ini bisa terlihat dari kapasitas entry dalam satu menit bisa melayani 3.000 orang peserta yang terproses,” tulis Ravik dalam siaran persnya.

UTBK ini sebagai syarat untuk mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN 2019.

Pria tersebut lalu memberikan sejumlah hal yang perlu diperhatikan calon pelamar saat mendaftar. Bagi peserta yang sudah melakukan pendaftaran dan sudah membayar serta mencetak kartu tanda peserta, sebelum tanggal 4 Maret 2019, proses sudah selesai.

“Bagi peserta yang sudah melakukan login sampai mendapatkan kartu tanda peserta tapi belum melakukan pembayaran diharuskan melakukan login kembali ke laman pendaftaran untuk mendapatkan slip pembayaran yang baru,” tandasnya.

Lalu, bagi pendaftar yang baru login, berlaku ketentuan seperti yang sudah diumumkan pada web LTMPT. Masyarakat dimohon bersabar karena proses pendaftaran UTBK gelombang I ini masih dilayani sampai dengan 24 Maret 2019.

“Diharapkan pendaftar tidak perlu memaksakan diri untuk memilih salah satu lokasi ujian saja karena masih ada kesempatan di lokasi ujian lain di kota yang sama atau di kota yang lain,” tegasnya.

Sebagaiana diketahui LTMPT adalah lembaga penyelenggara tes masuk perguruan tinggi bagi calon mahasiswa baru, lembaga ini berada di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Sebagai satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia, LTMPT merupakan pijakan pertama bagi calon mahasiswa dan mahasiswi terpilih dalam menggapai cita-cita.

LTMPT memposisikan diri sebagai lembaga penyelenggara tes masuk perguruan tinggi yang terbaik dan terdepan di Indonesia dan  memiliki tujuan khusus yaitu melaksanakan tes masuk perguruan tinggi yang kredibel, adil, transparan, fleksibel, efisien, dan akuntabel.

Pembayaran biaya UTBK tahun 2019 sebesar Rp 200.000 dapat dilakukan melalui salah satu Bank mitra : Bank Mandiri, Bank BNI, atau Bank BTN.

Pembayaran harus dilakukan 1 x 24 jam setelah melakukan permanen pilihan, karena itu jangan menggunakan metode pembayaran yang perlu waktu lebih dari 1 x 24 jam seperti RTGS (Real Time Gross Settlement). (Siedoo)

 

Apa Tanggapan Anda ?