Bidikmisi 2019. (ilustrasi: pendaftaranpmb.web.id)

Opini

Mengapa Pilih Bidikmisi? Ini Alasannya

DPRD Kota Magelang

Siedoo, Kesulitan ekonomi terkadang bisa membuat keinginan seorang siswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi terhenti. Kondisi ekonomi keluargaa yang dibilang kurang memadai atau pas-pasan menjadikan seorang siswa berpikir ulang untuk kuliah.

Menariknya, pemerintah saat ini telah memberikan solusi tepat untuk membantu siswa yang mengalami kondisi demikian itu. Pemerintah dalam hal ini memberikan bantuan biaya pendidikan atau yang dikenal dengan sebutan Bidikmisi.

Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik baik untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi pada program studi unggulan sampai lulus tepat waktu.

Perlu diketahui, Bidikmisi berbeda dengan beasiswa. Beasiswa yang berfokus pada memberikan penghargaan atau dukungan dana terhadap mereka yang berprestasi. Sedangkan Bidikmisi berfokus kepada yang memiliki keterbatasan kemampuan ekonomi.

Bukan asal-asalan

Walaupun demikian, program beasiswa Bidikmisi bukan program asal-asalan. Artinya, syarat prestasi pada Bidikmisi ditujukan untuk menjamin bahwa penerima bidikmisi terseleksi dengan ketat. Dari lulusan SMA/SMK/MA yang benar-benar mempunyai potensi dan kemauan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi.

Fakta menunjukkan, pemberian beasiswa Bidikmisi telah memberikan dampak positif, bagi mahasiswa itu sendiri. Yaitu meningkatnya prestasi dan iklim akademik di suatu perguruan tinggi. Dengan adanya mahasiswa Bidikmisi, maka kualitas perguruan tinggi juga meningkat.

Hal itu terjadi karena mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi memiliki prestasi yang dapat dibanggakan (IPK rata-rata di atas 3). Sehingga mampu meningkatkan prestasi atau kualitas perguruan tinggi yang bersangkutan.

Nah, jadi jelas dengan adanya Bidikmisi, diharapkan membantu calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi. Mereka yang berkeinginan kuat untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi bisa merealisasikan keinginannya dan saat kuliah bisa berprestasi tinggi.

Calon mahasiswa yang bisa mendaftar sebagai calon peserta Bidikmisi adalah siswa-siswi SMA/SMK/MA sederajat yang telah lulus sekolah pada tahun kemarin atau yang akan lulus sekolah pada tahun 2019 ini.

Apabila kalian termasuk dalam lulusan yang dimaksud di atas, maka kalian bisa mendaftarkan diri sebagai calon peserta Bidikmisi 2019 dan tentunya harus memenuhi persyaratan pendaftaran lainnya juga.

Jangan lupa untuk mendapatkan info terkini terkait Bidikmisi 2019 selalu kunjungi siedoo.com. Dari berbagai sumber akan kami sajikan untuk kalian. Selamat bersiap diri menggapai Bidikmisi 2019, semoga sukses. (*)

Apa Tanggapan Anda ?
Dirgahayu RI Kota Magelang