Ilustrasi. foto: posmetropadang.co.id

Nasional

Perhatian! Penerimaan CPNS Mendatang Jalur Honorer Dihapus


JAKARTA – Dalam penerimaan CPNS, setelah tahun 2018 tidak akan mengistimewakan status manapun. Seperti jalur honorer yang nyata-nyata diberi jalur khusus pada tahun kemarin akan dihapus. Semua lewat jalur umum.

“Semuanya menggunakan jalur umum,” kata Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana dilansir dari jpnn.com.

Ditandaskan rekrutmen CPNS dari jalur honorer K2, terakhir tahun lalu. Dalam rekrutmen CPNS 2018, pemerintah menyiapkan 13 ribu lebih untuk honorer K2, termasuk di dalamnya tenaga pendidik. Namun, yang mendaftar hanya 8 ribuan dan yang lulus seleksi 6 ribuan.

Menurut Bima, dengan kesempatan tersebut, pemerintah sudah melakukan tanggung jawabnya menyelesaikan masalah honorer K2.

Untuk selanjutnya proses rekrutmen CPNS mengacu pada PP Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS. Di mana batasan usia maksimal 35 tahun.

“Jalur khusus sudah terakhir tahun lalu,” tegasnya.

Melansir dari bangkapos.com, pelaksanaan CPNS 2019 hanya digelar di tiga provinsi. Satu daerah tersebut adalah Sulawesi Tengah yang proses seleksi CPNS 2018 tertunda lantaran adanya bencana alam.

Rekrutmen CPNS 2019 juga akan berlangsung di Papua dan Papua Barat yang juga sempat tertunda.

“Mohon untuk dipahami, seleksi CPNS pada bulan maret 2019 hanya untuk daerah yang tahun lalu TERTUNDA penyelenggaraan nya yaaa,” lanjut akun @kemenpanrb.

Lagi-lagi akun @kemenpanrb menjawab, hingga saat ini, belum ada informasi lebih lanjut apakah akan ada rekrutmen CPNS kembali pada 2019 atau tidak.

“Jika ada pasti akan kami informasikan kepada kalian yaaa,” tulis @kemenpanrb.

Sesuai Undang-undang, Aparatur Sipil Negara atau ASN terdiri dari dua kelompok. Yakni Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau P3K. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?
SD Mutual Kota Magelang