Prof. Dr. Mashadi, M.Si Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, dan Sistem Informasi, Universitas Riau (Unri) menjelaskan Program Magang Bersertifikat kepada puluhan mahasiswa Unri, Jumat (9/1/2019). (foto: unri.ac.id)

Daerah

Kesempatan Magang Bersertifikat Khusus Mahasiswa UNRI di BUMN


PEKANBARU – Melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), pemerintah bekerjasama dengan enam depertemen negara, termasuk Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdkiti). Pemerintah terus mendukung bagi peningkatan produktivitas dan daya saing dalam mendorong kemajuan dan kemandirian bangsa.

Dukungan ini berbentuk Program Magang Mahasiswa Bersertifikat. Ini merupakan program di bawah Forum Human Capital Indonesia (FHCI) yang merupakan forum sinergi bagi praktisi human capital management di lingkungan BUMN. Forum ini berkomitmen meningkatkan daya saing Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia untuk siap bersaing di pasar global.

Hal itu diungkapkan Prof. Dr. Mashadi, M.Si, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, dan Sistem Informasi, Universitas Riau (Unri),  di depan puluhan mahasiswa. Para mahasiswa tersebut adalah pendaftar pogram FHCI periode Januari 2019.

Dijelaskan Mashadi, sebagai bentuk nyata komitmennya terhadap kemajuan dan kemandirian bangsa, FHCI berinisiatif melaksanakan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat yang melibatkan BUMN. Sebagai tempat magang bagi mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri maupun swasta di Indonesia.

“Peserta magang akan mengisi posisi tertentu di BUMN sesuai dengan disiplin ilmu yang dibutuhkan,” ujar Mashadi sebagi pembuka pertemuan yang dihadiri oleh peserta dari mahasiswa Unri, di ruangan serbaguna Indragiri, lantai IV Gedung Rektorat Unri.

Persiapkan mahasiswa ke dunia kerja

Dilansir unri.ac.id, Mashadi mengatakan, program ini merupakan sinergi yang saling menguntungkan karena SDM unggul yang lahir dari program ini. Sekaligus akan menjadi alternatif sumber rekrutmen BUMN.

“Mahasiswa yang terlibat dalam program ini akan mendapat manfaat berupa peningkatan wawasan, pengetahuan dan keterampilan. Sehingga program magang ini menyiapkan mahasiswa untuk memasuki dunia kerja. Terutama dalam menghadapi persaingan global dengan berbekal sertifikat kompetensi,” katanya.

Program ini bertujuan untuk kalibrasi link dan match kurikulum serta silabus antara yang disampaikan di perguruan tinggi dengan yang dibutuhkan oleh industri. Bagi industri, melalui program ini dapat dimanfaatkan sebagai salah satu sumber rekrutasi karyawan sesuai kebutuhan, di samping juga untuk meningkatkan company branding bagi perusahaan.

Baca Juga :  Untidar Hancurkan Soal SMM 2018

Berikut ini beberapa persyaratan untuk mahasiswa yang ingin ambil bagian dalam FHCI. Antara lain mahasiswa aktif, bersedia magang 6 bulan, dan IPK lebih besar dari 2,75. Masa pendaftaran untuk mengikuti FHCI ini adalah dalam satu tahun yang dilaksanakan selama dua periode, yaitu periode Januari dan Juli.

“Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang pendaftaran PMMB FHCI BUMN tahun 2019, dapat menghubungi pihak fakultas yang ada di Unri,” jelas Mashadi. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?
SD Mutual Kota Magelang