Daerah

Universitas Riau Bentuk Pusat Pengembangan Infrastruktur Informasi Geospasial

PEKANBARU - Universitas Riau (Unri) mengadakan kegiatan workshop persiapan pembentukan Pusat Pengembangan Infrastruktur Informasi Geospasial (PPIIG). PPIIG merupakan lembaga atau unit yang dibentuk sebagai perpanjangan tangan melalui kerjasama dengan Badan Informasi Geospasial (BIG) di daerah untuk mengelola data geospasial.

Pusat tersebut secara umum bertugas melakukan pembinaan kepada simpul jaringan yang berada di sekitar tempat PPIIG berada. Hingga akhir tahun 2014, telah terdapat 10 PPIDS yang terbentuk. Namun sayangnya, di Provinsi Riau belum terbentuk PPIDS tersebut.

Untuk itu, Unri mengadakan Workshop persiapan pembentukan PPIIG yang diselenggarakan di Aula Gadung Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarkat (LPPM) Unri. workshop dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistem Informasi, Prof. Dr. Syaiful Bahri, M.Si.

Dilansir unri.ac.id, Syaiful Bahri mengungkapkan pada Tahun 2019 ini, Unri telah melakukan Perjanjian Kerjasama dengan BIG untuk Pembentukan PPIIG di Unri. Serta kerjasama pemanfaatan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terkait informasi geospasial.

Selain itu, Unri juga telah memiliki dukungan pembentukan PPIIG dari beberapa pemerintah daerah, di antaranya dari Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik, Provinsi Riau. Juga dari Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Siak dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Kampar.

“Keberadaan PPIIG ini nantinya diharapkan dapat membantu pemerintah daerah, maupun masyarakat secara umum dalam mengintegrasikan data spasial dan menghubungkan simpul-simpul jaringan. Serta mendukung kebijakan Satu Data Satu Peta,  karena kebijakan ini telah menjadi kebijakan nasional melalui Perpres No. 9 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Kebijakan Satu Peta,” papar Syaiful. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?