Siedoo.com -
Daerah

Mahasiswa UM Magelang Tebarkan Virus Teknologi

MAGELANG – Program utama mahasiswa di desa untuk menyebarkan virus teknologi Informasi secara positif. Dengan mengangkat potensi-potensi di wilayah desa tersebut dengan pembuatan website potensi desa.

Harapannya dengan didukung website desa dan pelatihan pemanfaatan teknologi informasi di desa tersebut, bisa mengembangkan menjadi desa melek teknologi yang maju.

“Selanjutnya masyarakat desa dapat mengembangkan diri bersinergi dengan kemajuan teknologi informasi,” kata Dekan Fakultas Teknik (FT) Universitas Muhammadiyah Magelang (UM Magelang) Jawa Tengah Yun Arifatul Fatimah, ST, MT, PhD saat di pendopo Kantor Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang.

Yun menyampaikan itu dalam sambutannya pada acara penarikan mahasiswanya. Sebanyak 24 mahasiswa D3 Fakultas Teknik Informatika UM Magelang ditarik kembali ke kampus setelah melakukan Kerja Praktik (KP) selama 2 bulan di enam desa di Kecamatan Secang.

KP ini untuk menunjang program Pemerintah Daerah Kabupaten Magelang yakni mendukung program Smart City yang telah dicanangkan Pemerintah Kabupaten Magelang. “Penerjunan mahasiswa di desa-desa wilayah Kabupaten Magelang ini adalah kali kedua setelah sebelumnya lokasi Kerja Praktek di wilayah Kecamatan Grabag,” urai Yun.

Camat Secang, Iwan Agus Susilo, S.Sos, MM, menyampaikan, program Kerja Praktek Lapangan mahasiswa berdampak positif bagi desa. Ia berterima kasih kepada UM Magelang yang telah memprogramkan KP di desa untuk menganggkat potensi desa melalui website Potensi desa.

“Program ini sejalan dengan program Pemerintah Daerah yang akan menjadikan Kabupaten Magelang sebagai Smart city,” jelas Iwan.

Ia juga menambahkan, dengan program tersebut, akan menggeliatkan masyarakat dan pemerintah desa untuk tergugah menjadi desa yang maju berbasis teknologi. Selain itu, progam tersebut dapat terwujud desa wisata sebagai rintisan Badan Usaha Milik desa atau BUMDES.

Baca Juga :  Bentuk Kerjasama UM Magelang dengan Kampus di Brunei dan Filipina

Website potensi desa menjadi program pertama yang wajib dihasilkan oleh para mahasiswa, yang diterjunkan di desa. Selanjutnya untuk keperluan tugas akhir para mahasiswa dapat mengembangkan dan melanjutkan obyek penelitian tersebut dalam bentuk profil desa, e-commerce dan aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan oleh desa.

Kaprodi D3 Teknik Informatika UM Magelang Andi Widiyanto, M.Kom pada kesempatan tersebut menyerahkan dan me-launching hasil karya dari para mahasiswa untuk dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masayarakat desa di wilayah Kecamatan Secang.

Kerja Praktek di desa menjadi program utama di prodi Teknik Informatika Diploma 3 fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Magelang sebagai bentuk implementasi ilmu yang di peroleh di bangku kuliah. Serta dapat dimanfaatkan secara langsung oleh masyarakat. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?