Internasional

UM Magelang Akan Rasakan Atmosfer Akademik Internasional

MALAYSIA - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah (UM) Magelang, Jawa Tengah bisa merasakan atmosfer akademik internasional dan mendapatkan pengalaman berinteraksi dengan masyarakat internasional. Dengan demikian, kedepannya bisa membentuk karakter positif bagi mahasiswa itu sendiri.

Hal itu merupakan bagian dari target kerjasama antara UM Magelang dengan perguruan tinggi luar negeri. Untuk merealisasikan program internasional tersebut, Fakultas Teknik UM Magelang menyelenggarakan International Student Mobility Program (ISMP) bagi mahasiswa ke negara Malaysia, Thailand dan Taiwan.

Salah satu tahapan yang dilakukan adalah kunjungan dan koordinasi pelaksanaan ISMP di Universiti Teknikal Malaysia Melaka (UteM) Malaysia. Kunjungan dipimpin langsung Dekan Fakultas Teknik Yun Arifatul Fatimah, P.hD dan Ka Prodi Teknik Industri Affan Rifai, ST. MT., Ka. Prodi Teknik Informatika S1 Agus Setiawan, ST., M. Eng., dan  Ka. Prodi Teknik Informatika D3 Andi Widiyanto, S. Kom., M.Kom.

“Kunjungan ini bertujuan sebagai langkah awal koordinasi teknis penyelenggaraan ISMP tahun 2019 antara FT UM Magelang dengan UteM,” ujar Yun Arifatul Fatimah, Ph.D, Dekan FT UM Magelang.

Program ISMP disepakati oleh kedua belah pihak dan menghasilkan 2 jenis program. Pertama, Non Credit Transfer Program yaitu program selama satu bulan. Mahasiswa akan melaksanakan course work program, laboratory work program, dan internship program. Program ini akan dilaksanakan mulai Februari 2019.

Dalam rangka program internasionalisasi, Fakultas Teknik (FT) UM Magelang, Jawa Tengah menyelenggarakan International Student Mobility Program (ISMP) bagi mahasiswanya ke negara Malaysia, Thailand dan Taiwan.

Sedangkan jenis program kedua adalah Credit Transfer Program selama satu semester yang kegiatannya adalah pertukaran pelajar Indonesia dengan Malaysia. Kegiatannya akan diimplementasikan mulai September 2019.

Pencapaian teknis pelaksanaan program ISMP tahun 2019 meliputi penyesuaian mata kuliah antar Program Studi Teknik Industri UM Magelang dengan Faculty of Manufacturing Engineering UTeM Malaysia. Serta Program Studi Teknik Informatika UM Magelang dengan Fakulti Teknologi Maklumat & Komunikasi UTeM Malaysia.

Sementara itu, untuk training program dilaksanakan selama 1 minggu di Taiwan bekerjasama dengan Nuvoton Technology Corporation yang merupakan tindak lanjut MoU antara UM Magelang dengan Nuvoton Technology Corporation, Taiwan dalam bidang pengembangan teknologi berbasis microcontroller. Dalam program training ini, mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengikuti training  dan magang selama 1 minggu di perusahaan semi konduktor dan microcontroller Nuvoton ini.

Melalui kegiatan tersebut diharapkan mahasiswa akan merasakan atmosfer akademik internasional dan mendapatkan pengalaman berinteraksi dengan masyarakat internasional. Sehingga, membentuk karakter positif bagi mahasiswa. Program ini ditargetkan tidak hanya mengirimkan mahasiswa Fakultas Teknik UM Magelang untuk belajar ke luar negeri, namun juga mampu mendatangkan mahasiswa luar negeri untuk belajar di UM Magelang. (Siedoo) 

Apa Tanggapan Anda ?