Teknologi

Kontes Robot Penerapan Teknologi yang Nyata

Apa Itu Kontes Robot?

Kontes Robot Indonesia merupakan agenda kontes robot tahunan bagi mahasiswa. Kontes yang diselenggarakan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) ini untuk meningkatkan minat, bakat dan kemampuan mahasiswa pada pengembangan teknologi terkini, khususnya dibidang robotika. Kontes Robot Indonesia terdiri dari beberapa divisi.

Divisi tersebut yaitu: Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI) dan Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) tipe beroda dan berkaki. Divisi lain yaitu Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI). Serta divisi Ekshibisi Robot Sepak Bola Beroda Indonesia (ERSBI).

Tujuan Kontes

Menurut Prof. Dr. Intan Ahmad, Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi; “Salah satu tujuan pendidikan tinggi adalah mengembangkan serta memperkaya khasanah ilmu pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan bangsa. Dalam hal ini upaya penumbuhan dan pengembangan kreativitas serta inovasi mahasiswa menjadi kata kunci utama untuk mendukung pencapaian tujuan tersebut,”.

Hal ini perlu, karena wacana teoritis dan konsepsional yang telah diberikan di lingkungan kampus, kepada mahasiswa. Sehingga perlu difasilitasi wacana untuk melatih mahasiswa dalam implementasi ide dan gagasan mereka dalam dunia nyata. Kegiatan pengembangan gagasan teoritis menjadi penerapan teknologi yang nyata tersebut harus dibuat agar menjadi menarik, dinamis dan tidak membosankan. Hal ini dapat diwujudkan dimana dosen dan mahasiswa perlu dilibatkan bersama secara multidisiplin.

 

(Baca Juga : Penerimaan Proposal Insinas tahun 2017 Gelombang II Telah Dibuka)

 

Sedangkan menurut Dr Didin Wahidin, Direktur Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi; “Untuk menumbuh-kembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta meningkatkan mutu pendidikan tinggi di Indonesia, perlu difasilitasi kegiatan. Hal ini dapat mendukung penumbuhan dan pengembangan kreativitas dan inovasi dosen beserta para mahasiswa. Dalam hal ini Kontes Robot Indonesia (KRI) dapat merupakan suatu wacana yang sangat menarik bagi mahasiswa. Karena untuk mengimplementasikan gagasan dan ide-ide mereka menjadi suatu robot yang fungsional dengan memanfaatkan pengetahuan mereka yang multi disiplin”.

Karena robot–robot tersebut harus dirancang dan dibuat sendiri, dengan menggunakan sensor-sensor dan aktuator. Selain itu dirancang rangkaian elektronika dan mikrokomputer yang ada dan harus diprogramkan sesuai dengan tema kontes tahun ini. Selain itu kerjasama yang baik antara anggota tim peserta dan gagasan strategi yang terbaik juga diperlukan.

Hal tersebut akan menjadi faktor pendukung suksesnya suatu tim dalam kontes ini. Dengan demikian akan timbul suasana kompetisi yang kondusif di kalangan mahasiswa, dosen maupun perguruan tinggi yang berpartisipasi dalam kontes tersebut.

Hasil Seleksi Tahap ll Kontes Robot Indonesia

Hasil evaluasi tahap II terhadap laporan kemajuan peserta dapat dilihat di lampiran berikut.  Daftar jumlah tim yang dinyatakan lolos untuk mengikuti kontes regional yang dapat dilihat disini : pengumuman.

Selanjutnya untuk pelaksanaan kontes regional perlu kami informasikan bahwa:

  1. Transportasi tim peserta dari/ke tempat asal ke lokasi kontes regional ditanggung oleh perguruan tinggi masing-masing;
  2. Panitia akan menanggung akomodasi untuk 3 (tiga) mahasiswa dan 1 (satu) pembimbing peserta KRAI dan KRSTI,
  3. Panitia akan menanggung akomodasi untuk 2 (dua) mahasiswa dan 1 (satu) pembimbing peserta KRPAI Berkaki,
  4. Panitia akan menanggung akomodasi untuk 4 (empat) mahasiswa dan 1 (satu) pembimbing peserta KRSBI Beroda/Humanoid;
  5. Peserta diwajibkan mengikuti technical-meeting dan running-test di masing-masing lokasi kontes regional. Berkenaan dengan hal tersebut, kami mohon saudara untuk menginformasikan hasil seleksi tahap II kepada tim peserta. Hal ini perlu agar dapat mempersiapkan diri untuk mengikuti kontes regional, dan informasi lebih lanjut bisa diakses di laman https://www.kontesrobotindonesia.org/.

Sumber : https://www.kontesrobotindonesia.org/

Apa Tanggapan Anda ?