Daerah

Kekuatan Tenaga Pendidik Unpad Bertambah

JATINANGOR -  Kekuatan pendidik di Universitas Padjadjaran Jatinangor, Jawa Barat bertambah. Rektor Unpad mengangkat kembali 9 dosen purnatugas di Unpad untuk kembali mengajar sebagai dosen tetap nonPNS dengan nomor induk dosen khusus (NIDK). Pengangkatan ini sesuai dengan Surat Perjanjian Kerja antara Unpad dan 9 guru besar purnabakti.

Sembilan dosen tersebut yaitu, Prof. Dr. Ir. Hj. Yuyun Yuwariah, AS., M.S., dan Dr. Ir. Hj. Yayat Rochayat Suradinata, M.P., dari Fakultas Pertanian, Prof. Dr. Nurpilihan Bafdal, Ir., M.Sc., dari Fakultas Teknologi Industri Pertanian, Prof.  Dr. Ambrosius Purba, dr., AIFO, dan Prof. Dr. Endang Sutedja, dr., Sp.KK(K) dari Fakultas Kedokteran.

Selanjutnya, Prof. Dr. Husein Hernadi Bakti dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Prof. Dr. H. Adjat Sudrajat, M.Sc., dari Fakultas Teknik Geologi, serta Prof. Dr. H. Sucherly, S.E., M.S., dan Prof. Dr. Hj. Dwi Kartini, S.E., Spect., Lict., dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Rektor menyerahkan SK guru besar baru itu kepada Dekan tiap-tiap fakultas. Dalam sambutannya Rektor mengatakan, upaya mengaktifkan kembali dosen purnatugas ini dapat mendorong berbagai pengembangan positif untuk Unpad.

Selain mengangkat kembali dosen purnatugas, Unpad juga memiliki tiga guru besar sesuai Surat Keputusan Jabatan Akademik dari Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI. Tiga guru besar tersebut antara lain Prof. dr. Arief S. Kartasasmita, Sp.M., M.Kes., PhD; Prof. dr. Hermawan Nagar Rasyid, Sp. OT(K), MT(BME), PhD, FICS; dan Prof. Dr. Yosini Deliana, Ir., M.S.

“Dengan diangkatnya guru besar baru sekaligus diaktifkannya lagi dosen purnabakti diharapkan akan menjadi kekuatan lebih besar bagi kita,” kata Rektor Unpad Prof. Tri Hanggono Achmad.

Secara resmi, Rektor Unpad Prof. Tri Hanggono Achmad menyerahkan SK Jabatan Akademik tersebut kepada dua Dekan sesuai dengan keilmuan dari tiga guru besar tersebut, di ruang Executive Lounge Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor. Dua Dekan tersebut yaitu, Dekan Fakultas Kedokteran Dr. med. Setiawan, dr., dan Dekan Fakultas Pertanian Dr. Ir. Sudarjat, M.P.

Prof. Arief S. Kartasasmita diangkat dalam jabatan akademik guru besar bidang kesehatan mata pada Fakultas Kedokteran. Prof. Hermawan Nagar Rasyid diangkat dalam jabatan akademik guru besar bidang ortopaedi pada Fakultas Kedokteran. Sementara Prof. Yosini Deliana diangkat dalam jabatan akademik guru besar bidang ekonomi pertanian pada Fakultas Pertanian. (Siedoo) 

Apa Tanggapan Anda ?