Daerah

Guru, Ujung Tombak Keberhasilan Pendidikan

MAGELANG - Sebanyak 250 peserta dari guru dan Kepala Sekolah jenjang TK, SD, SMP, SMA, dan SMK ikut meramaikan Workshop Guru Profesional dalam Membangun Karakter Bangsa di Atria Hotel Magelang, Jawa Tengah. Kegiatan yang diselenggarakan oleh APKS (Asosiasi Profesi dan Keahlian Sejenis) PGRI Kota Magelang ini dalam rangka HUT PGRI ke 73 dan Hari Guru Nasional 2018.

"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dengan mengupdate pengetahuan dan berbagai informasi terkini. Sehingga, dapat terus meningkatkan kualitas proses pembelajaran di kelas dalam menghadapi tantangan pendidikan di era milenial," kata Ketua APKS PGRI Kota Magelang Ida Rianawaty, S.Si.,M.Pd.

Menurut dia, guru merupakan ujung tombak keberhasilan pendidikan yang diharapkan dapat membuat inovasi-inovasi dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, dapat melahirkan generasi cerdas berkarakter.

"Inovasi - inovasi pembelajaran tersebut dapat dibuat sebuah karya inovatif, sehingga guru juga produktif dalam menghasilkan karya, tak hanya mengajar, mendidik, dan membimbing peserta didiknya," jelas dia.

Ketua Panitia Penyelenggara ini juga menyampaikan bahwa, acara itu untuk memfasilitasi guru dalam memenuhi kegiatan pengembangan diri dan pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dipersyaratkan untuk kenaikan pangkatnya. Selama ini, banyak guru yang tertunda kenaikan pangkatnya dan banyak yang terhenti di golongan IVa.

Pada kegiatan ini dilaksanakan secara 3 tahap. Tahap pertama In Service Training 1 di Atria Hotel dengan narasumber Prof. Suyanto, Ph.D menyampaikan materi guru profesional dalam membangun karakter bangsa. Serta, Nurwiyono SN., M.Pd. menyampaikan materi karya inovatif. Tahap ke 2 adalah On the Job Learning dimana peserta menyusun karya inovatif di unit kerja masing - masing. Tahap ke 3 adalah In Service Training 2 yang akan dilaksanakan 9 November 2018 nanti.

Selain itu, juga sempat dilakukan penyerahan secara simbolis 26 buku hasil karya guru Kota Magelang kepada Kepala Dinas Pendidikan Kota Magelang Taufik Nurbakin, M. Pd. Buku merupakan hasil diklat Satu Guru Satu Buku (Sagu Sabu). Kegiatan tersebut dilaksanakan APKS PGRI pada April 2018 lalu.

Buku hasil karya guru tersebut juga akan diikutkan dalam kegiatan Gebyar Buku PGRI Jawa Tengah. Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua PGRI Kota Magelang sekaligus Plt. Sekda Sumartono SE.MM.

 

*Siti Nurhayati, SH
Guru SD Mutual Kota Magelang, Jawa Tengah.

Apa Tanggapan Anda ?