Daerah

Kaltim Kirim 6 Siswa Terbaik Ikuti Kuis Kihajar Tingkat Nasional 2018

JAKARTA -  Provinsi Kalimantan Timur mengirimkan 6 siswa terbaik mengikuti Kuis Kihajar Tingkat Nasional tahun 2018 di The Sultan Hotel and Reidance di Jakarta, dari 9-13 Oktober 2018. Ke-enam siswa tersebut diikuti siswa dari semua jenjang. Jenjang SD sederajat 1 orang, jenjang SMP sederajat 3 orang, jenjang SMA sederajat 2 orang. Tahun 2018 ini mengirimkan perwakilan terbanyak dari tahun-tahun sebelumnya. (disdik.kaltimprov.co.id)

Salah satu peserta kuis jenjang SMA, Alma Devara, merasa bersyukur dapat mengikuti kuis bergengsi tingkat pelajar ini. Siswi Negeri 10 Samarinda diikutsertakan dalam Kuis Kihajar Tingkat Nasional Tahun 2018 setelah berhasil meraih Juara 1 Kuis Kihajar Tingkat Provinsi Kalimantan Timur yang diselenggarakan oleh Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekkom), Kementerian Pendidikan Kebudayaan Nasional pada tanggal 24-25 Agustus 2018 lalu.

Kuis Kihajar tahun 2018 ini dikemas berbeda dengan tahun sebelumnya, hal ini sesuai dengan program Pustekkom yaitu selalu berinovasi. Para pemenang kuis akan menerima Anugerah Kihajar.

Tujuan umum Anugerah Kihajar adalah untuk menumbuhkembangkan budaya belajar siswa Indonesia dengan memanfaatkan TIK. Sedangkan tujuan khusus Anugerah Kihajar untuk:

1) meningkatkan kebiasaan belajar siswa Indonesia;

2) menumbuhkan kemandirian bangsa dalam memanfaatkan dan mengembangkan TIK untuk pendidikan;

3) mendorong individu dan lembaga untuk menghasilkan karya inovatif dalam pengembangan potensi TIK;

4) mendorong pengembangan kebijakan yang berpihak pada pendayagunaan TIK untuk pendidikan, dan

5) memberikan penghargaan kepada kepala daerah dan masyarakat yang telah berpartisipasi dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan/pelatihan melalui pendayagunaan TIK. (kemdikbud.go.id)

Sasaran kegiatan Kuis Kihajar adalah siswa SD, SMP, SMA (sederajat) seluruh Indonesia dengan seleksi berjenjang dari tingkat sekolah hingga tingkat provinsi, dan terakhir Tingkat Nasional. (Siedoo/NSK)

Apa Tanggapan Anda ?