APLIKASI. Pengenalan aplikasi Silapkeu kepada pelaku UMKM di Kota Magelang. (foto: ist)
Siedoo.com - APLIKASI. Pengenalan aplikasi Silapkeu kepada pelaku UMKM di Kota Magelang. (foto: ist)
Daerah

Permudah Pencatatan Keuangan, Dosen Untidar Kenalkan Silapkeu kepada Pelaku UMKM

MAGELANG, siedoo.com – Tim Pelaksana Pengabdi dari Universitas Tidar (Untidar) Magelang, Jawa Tengah melakukan pengabdian masyarakat kepada pelaku UMKM di Kota Magelang, belum lama ini.

Yang menjadi fokus perhatian adalah pencatatan keuangan digital melalui aplikasi “Silapkeu” (Sistem Laporan Keuangan) yang dirancang untuk pelaku UMKM.

Tim tersebut diisi Lucia Rita Indrawati sebagai ketua, anggotanya Retnosari, Sri Sarwanti, dan Ayunda Putri Nilasari yang merupakan gabungan dosen Fakultas Ekonomi dan Fakultas Ilmu Keguruan Untidar.

“Silapkeu ini sistemnya menggunakan web yang bisa diakses pelaku UMKM kapan dan di mana saja. Menggunakan smartphone juga bisa,” kata Lucia Rita.

Dijelaskan, tujuan dari sistem itu adalah sebagai alat bagi pelaku UMKM dalam merekap semua kegiatan. Sehingga menghasilkan laporan keuangan dengan praktis mudah dan akuntabel.

“Untuk memudahkan dalam pencatatan aktivitas atau kegiatan para pelaku UMKM,” jelasnya.

Dikatakan ada perbedaan mencolok antara pencatatan sistem manual dengan digital. Dengan menggunakan Silapkeu laporan keuangan dapat terbuat secara otomatis dan dapat diakses kapan saja.

“Menggunakan sistem digital lebih mudah. Karena bisa digunakan dengan praktis,” ujarnya.

Salah satu pelaku UMKM, Agus mengaku terbantu dengan aplikasi tersebut.

“Ya jadi mudah menggunakan Silapkeu. Bisa memantau bisnis secara maksimal,” kata Agus. (siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?