ADV Daerah

Untidar Kirim 240 Proposal Program Kreativitas Mahasiswa ke Kemdikbud

MAGELANG - Universitas Tidar (Untidar) Magelang, Jawa Tengah meloloskan sebanyak 240 proposal PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) tahun 2021. Jumlah proposal itu, terdiri dari 230 proposal PKM 5 Bidang, dan 30 proposal PKM GT (Gagasan Tertulis).

Demikian antara lain tertera dalam Pengumuman No 350/UN57/KM/2021 yang dirilis Untidar, 4 Maret 2021. Melalui pengumuman tersebut, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof. Dr. Sugiyarto, M.Si., meminta mahasiswa dan tim yang proposalnya dinyatakan lolos, agar segera melakukan beberapa hal yang diperlukan.

Yang pertama, menyesuaikan proposal dengan Pedoman PKM tahun 2021, sebagaimana tercantum dalam website Simbelmawa (Sistem Informasi Pembelajaran dan Kemahasiswaan) Kemdikbud, yaitu simbelmawa.kemdikbud.go.id.

"Kemudian, mengunggah proposal ke website Simbelmawa Kemdikbud, selambat-lambatnya 18 Maret 2021," jelas Prof. Sugiyarto.

PKM merupakan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, yang bertujuan untuk mendorong kreativitas dan jiwa inovasi mahasiswa, melalui penerapan ilmu pengetahuan yang mereka dapatkan di perguruan tinggi. PKM telah dimulai sejak 2001, sebagai kelanjutan dari program yang sebelumnya bernama Program Karya Alternatif Mahasiswa.

PKM 5 Bidang terdiri dari PKM Riset, PKM Pengabdian Masyarakat, PKM Kewirausahaan, PKM Karsa Cipta, dan PKM Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Di Kemdikbud, proposal PKM 5 Bidang dan PKM GT dari Untidar akan bersaing dengan proposal dari perguruan-perguruan tinggi lain di seluruh Indonesia. Proposal PKM yang disetujui, akan mendapatkan dana hibah dari Kemdikbud.

Besarnya dana hibah, berkisar mulai Rp 5 juta sampai Rp 10 juta untuk PKM 5 Bidang, dan Rp 3 juta sebagai insentif PKM GT.Mahasiswa dan tim yang lolos di tingkat pusat, akan berkesempatan mengikuti Pimnas atau Pekan Ilmiah Nasional. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?