Eratkan silaturahmi, mahasiswa ITTP merancang tracer alumni berbasis web.

Inovasi

Tracer Alumni, Karya Mahasiswa Telkom


PURWOKERTO – Keberadaan para alumni dinilai memiliki peranan penting untuk pengembangan institusi pendidikan. Itu karena, alumni bisa berperan sebagai cermin kualitas sebuah institusi pendidikan diranah publik. Dengan adanya informasi tentang alumni yang baik, secara tidak langsung dapat meningkatkan citra baik universitas yang belum memanfaatkan penggunaan sistem informasi dalam pendataan dan penelusuran alumni.

Dengan alasan itu, kemudian menginisiasi mahasiswa Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP), Banyumas, Jawa Tengah merancang program tracer alumni berbasis website. Program ini diharapkan dapat mempermudah dalam hal pengolahan data alumni ITTP.

“Selain itu dengan adanya aplikasi ini, dapat memfasilitasi berbagai keperluan tambahan seperti penelusuran alumni,” kata mahasiswa Prodi (Program Studi) S1 Teknik Informatika Institut Teknologi Telkom Purwokerto Bangkit Wiguna.

Ia bersama rekannya tengah merancang program tracer berbasis web tersebut. Perancangan program dilakukan di Laboratorium Jaringan Komputer (Jarkom) gedung DC lantai 3 kampus ITTP. Perancangan program aplikasi  ini dikerjakan 4 mahasiswa Prodi S1 Teknik Informatika angkatan 2016. Mahasiswa itu adalah Bangkit Wiguna, Apryan Eko, Ashalea Jingga, dan Anggyta Hannani.

Semuanya memiliki peran masing – masing. Misalnya saja Bangkit Wiguna yang memiliki peran penting dalam perancangan aplikasi tracer alumni. Selain menjadi ketua kelompok, dia juga programmer bersama teman – temannya.

Aplikasi tracer alumni berbasis web ini memang dibuat karena mereka melihat perlu ada pengeratan tali silaturahmi antar alumni. Karena dengan menguatkan tali silaturahmi antar alumni, tidak menutup kemungkinan informasi – informasi, khususnya dunia pekerjaan akan terbuka lebar.

“Kami merancang aplikasi tracer alumni berbasis website tidak lain hanya berusaha, untuk memudahkan mahasiswa ITTP dalam mencari tempat kerja praktik ataupun dalam mencari pekerjaan,” jelasnya.

Dia juga menambahkan, fitur yang terdapat dalam aplikasi tracer alumni ini ada fitur penampil data. Seperti nama, instansi, alamat dan pekerjaan.

Dosen pembimbing perancangan aplikasi, Muhammad Nur Faiz S.Kom M.Kom mengatakan, kreatifitas dari mahasiswa Institut Teknologi Telkom Purwokerto tidak kalah dengan kreatifitas dari universitas lain. Buktinya dari hal yang terkecil saja, upaya untuk mempererat tali silaturahmi.

“Mahasiswa kami bisa menciptakan solusi dengan merancang aplikasi tracer alumni berbasis website,” ujarnya.

Kedepannya, setelah sudah siap louncing ke publik, mahasiswa membutuhkan dukungan dari semua pihak. Khususnya civitas akademika ITTP.

“Mereka tidak akan dikenal, apabila semua elemen tidak mendukungnya secara terus menerus. Doakan saja semoga program ini cepat diselesaikan dari teman – teman,” tandasnya. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?