POPDA. Kontingen POPDA dari berbagai kecamatan di Kabupaten Magelang. (foto: prokompimkabmgl)
Siedoo.com - POPDA. Kontingen POPDA dari berbagai kecamatan di Kabupaten Magelang. (foto: prokompimkabmgl)
Daerah

3.500 Pelajar Berkompetisi dalam POPDA Kabupaten Magelang, Ada 14 Cabor!

MAGELANG, siedoo.com –  Pekan Olah Raga Pelajar Daerah (POPDA) Tingkat Kabupaten Magelang tahun 2024 resmi dibuka di Gor Olahraga SMA Taruna Nusantara Magelang, Senin 4 Maret 2024.

Untuk diketahui bahwa Popda Tahun ini akan mempertandingkan 14 cabang olahraga (cabor), yaitu Atletik, Bola Basket, Bola Voli, Bulu Tangkis, Karate, Panahan, Aquatik, Sepak Takraw, Sepak Bola, Taekwondo, Tenis Meja, Pencak Silat, Tenis Lapangan, Wushu.

Melalui penyelenggaraan POPDA Tahun 2024 ini, diharapkan akan lahir bibit atlet yang potensial untuk diproyeksikan menjadi atlet terbaik, dan mampu berprestasi sebagai wakil Kabupaten Magelang dalam berlaga di tingkat yang lebih tinggi.

Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang, Mulyanto melaporkan kegiatan Popda Tahun 2024 ini bertujuan sebagai ajang seleksi dan evaluasi hasil pembinaan olahraga di Kabupaten Magelang.

Sementara peserta yang mengikuti kegiatan POPDA Kabupaten Magelang tahun 2024 ini adalah atlit pelajar siswa siswi SD/Mi, SMP/Mts, SMA/SMK/MA di seluruh Kabupaten Magelang dengan jumlah atlit 3.500 orang, wasit/juri sebanyak 383 orang.

“Pelaksanaan Popda ini akan berlangsung dari tanggal 4-6 Maret 2024, yang diselenggarakan di wilayah Kota Magelang dan Kabupaten Magelang,” jelas Mulyanto.

POPDA tersebut dibuka Pj Bupati Magelang yang diwakili oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi.

Menurut Nanda, perlu disadari bahwa olahraga merupakan salah satu sarana untuk membina para pemuda agar bisa menjadi generasi penerus yang bangga dengan jati diri sebagai bangsa Indonesia yang sehat, berkarakter dan memiliki jiwa patriotisme.

“Begitu pentingnya olahraga dalam mempengaruhi dan menentukan nasib sebuah bangsa ke depan, sampai-sampai olahraga memiliki kekuatan untuk menginspirasi sekaligus bisa mengubah dunia melalui karakter generasi muda yang memiliki mental yang kuat,” kata Nanda.

Baca Juga :  Kota Besar di Pantai Utara Jawa Rentan Terdampak Kenaikan Permukaan Air Laut

Lebih lanjut, Nanda menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Magelang secara konsisten mendukung upaya-upaya pembinaan dan pemasyarakatan olahraga kepada masyarakat dan generasi muda melalui berbagai macam program kegiatan seperti POPDA Tingkat Kabupaten, POPDA Tingkat Eks Karesidenan, POPDA Tingkat Provinsi, Kejuaraan Daerah untuk Pelajar, dan Pemberian Penghargaan untuk Atlet-Atlet Berprestasi.

“Kami berpesan kepada seluruh peserta POPDA Tahun 2024 agar bertanding dengan penuh semangat dan sportivitas. Jangan menyerah untuk terus meraih prestasi agar mampu membawa nama baik Kabupaten Magelang,” pesan Nanda. (prokompim/kabmgl/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?