UNIMMA. Prodi Fakultas Psikologi dan Humaniora (FPH) Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) menggelar Sosialisasi dan Focus Group Discussion. (foto: unimma)  
Siedoo.com - UNIMMA. Prodi Fakultas Psikologi dan Humaniora (FPH) Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) menggelar Sosialisasi dan Focus Group Discussion. (foto: unimma)  
Daerah

Bahas Kurikulum Baru untuk Magang, Prodi Psikologi UNIMMA Gelar FGD dengan Mitra

MAGELANG, siedoo.com Sosialisasi dan Focus Group Discussion digelar Program studi (prodi) Fakultas Psikologi dan Humaniora (FPH) Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA). Tajuk yang diangkat ‘Implementasi Pengembangan Kurikulum MBKM Program Studi Psikologi untuk Mewujudkan Applied Psychology’.

———

Acara dilaksanakan di Hotel Artos pada beberapa waktu lalu. Agenda tersebut merupakan salah satu luaran dari Hibah Akselerasi Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Tinggi (AKPT) dalam mendukung kampus merdeka mandiri dari Kemenristek Dikti.

Agenda berfokus pada Skema MBKM Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) Magang dalam Kurikulum baru Prodi Psikologi.

Kaprodi Psikologi, Akhmad Liana Amrul Haq, M.Psi., Psikolog, mengatakan, BKP magang menargetkan pemenuhan sejumlah kompetensi sebagai luaran pembelajaran diantaranya penguatan sikap kerja dan penghayatan nilai profesionalisme serta etika di tempat kerja.

“Selain itu juga penguasaan ketrampilan umum maupun ketrampilan kerja khusus di bidang psikologi dan penguasaan teori-teori dasar dan terapan psikologi untuk menyeleseikan masalah di tempat kerja,” katanya.

Acara diikuti mahasiswa prodi Psikologi dan mitra diantaranya BNN (Badan Narkotika Nasional) Temanggung, Akademi Militer (Akmil), Dinas Kesehatan Kota Magelang, SLB YPLAB Kota Magelang, Sentra Edu Growth dan DP4KB Kota Magelang.

Dekan FPH UNIMMA, Dr. Hermahayu, M.Psi, dalam sambutannya menyebutkan bahwa mulai tahun 2023, prodi Psikologi akan menerapkan kurikulum baru dengan MBKM sebagaimana telah disampaikan oleh Mendikbud.

“Ada banyak bentuk-bentuk kegiatan yang nanti bisa dilakukan oleh mahasiswa, salah satunya dengan magang, dimana biasanya kami juga mengirimkan mahasiswa untuk berkegiatan di instansi bapak/ibu,” tandasnya.

“Namun begitu, ada yang berbeda, jika biasanya kami menitipkan hanya satu bulan, kali ini kami akan berikan durasi selama satu semester dan akan dikonversikan ke beberapa mata kuliah sekaligus dalam satu kegiatan magang,” tambahnya.

Baca Juga :  Upacara, Dekatkan TNI dengan Generasi Muda

Dekan juga menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada mitra yang telah hadir dalam acara tersebut dan berharap dapat saling berdiskusi.

“Kami mengharap masukan dari bapak/ibu mitra, hal-hal apa saja yang bisa mahasiswa lakukan selama magang sehingga nantinya bisa kami modifikasi dengan tugas-tugas dari mata kuliah,” tutur Dekan.

Selanjutnya, dilaksanakan sesi diskusi dan tanya jawab yang dipandu oleh Aftina Nurul Husna, MA, dosen Psikologi UNIMMA. (unimma/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?