PRAMUKA. Bunda Pramuka Kabupaten Magelang, Christanti Handayani Zaenal Arifin di dampingi Camat Salam, Wihariyanto dan Pengelola Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Al- Jauhar, Menik Siti Arifah saat Me-launching Pramuka Pra Siaga PAUD Al- Jauhar Gulon, Kecamatan Salam. (foto: prokompimkabmgl)
Siedoo.com - PRAMUKA. Bunda Pramuka Kabupaten Magelang, Christanti Handayani Zaenal Arifin di dampingi Camat Salam, Wihariyanto dan Pengelola Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Al- Jauhar, Menik Siti Arifah saat Me-launching Pramuka Pra Siaga PAUD Al- Jauhar Gulon, Kecamatan Salam. (foto: prokompimkabmgl)
Daerah

Pramuka Pra Siaga PAUD Al Jauhar Gulon Dilaunching

MAGELANG, siedoo.com – Pramuka Pra Siaga PAUD Al- Jauhar Gulon, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang diluncurkan pada Senin 14 Agustus 2023. Peluncuran dilakukan Bunda Pramuka Kabupaten Magelang, Christanti Handayani Zaenal Arifin di dampingi Camat Salam, Wihariyanto dan Pengelola Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Al- Jauhar, Menik Siti Arifah.

———

Pengelola PAUD Al Jauhar, Menik Siti Arifah menyampaikan, Pramuka Pra Siaga PAUD merupakan bagian yang sangat penting dalam mendidik anak dibawah usia tujuh tahun dengan mengenalkan nilai-nilai Kebangsaan sejak dini.

“Launching Pra Siaga PAUD ini terlaksana berkat kerjasama antara Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Dirjen PAUD dan Dikmas dengan gerakan Pramuka Kwartir Nasional,” kata Menik Siti Arifah.

Ia berharap kegiatan ini dapat memberikan sisi positif terhadap anak-anak yang baru menginjak PAUD serta bisa lebih baik kedepannya dan memberikan manfaat bagi semua pihak terutama PAUD yang ada di Kabupaten Magelang.

Bunda Pramuka Kabupaten Magelang, Christanti Handayani Zaenal Arifin menyampaikan, Pramuka adalah wadah bagi generasi muda untuk belajar, berkembang dan berkontribusi kepada masyarakat dan negara melalui prinsip-prinsip dan nilai-nilai kepramukaan yang berlandaskan Eka Darma dan Eka Satya yang dapat membentuk karakter kuat, tangguh dan penuh dedikasi sebagai wahana penanaman karakter kebangsaan.

“Eksistensi Pramuka di Indonesia terutama di Kabupaten Magelang saya harap bisa semakin mempertahankan keuletan dalam menghadapi tantangan, semangat gotong royong dan rasa cinta terhadap alam dan sesama,” kata Christanti.

Menurutnya, perkembangan anak usia dini sebelum usia tujuh tahun sering disebut sebagai periode golden age, yaitu periode dimana perkembangannya sangat cepat dalam hal proses pematangan perangkat fisik dan psikis yang paling fundamental sebagai penentu optimalisasi perkembangan tahap usia selanjutnya.

Baca Juga :  Wali Kota Magelang Tinjau Empat Pekerjaan Fisik, Mana Saja? Berapa Anggarannya?

Lebih lanjut, Christanti menjelaskan, pembentukan karakter sejak dini dapat dilakukan melalui pendekatan pendidikan Prasiaga dengan mengenalkan nilai-nilai kebangsaan, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, menjunjung tinggi kebinekaan, bertoleransi dan saling hormat menghormati satu sama lain yang pada saatnya nanti akan menjadi warga negara Indonesia yang tangguh dan berbakti pada nusa dan bangsa.

Kelompok Pra siaga sendiri merupakan solusi praktis bagi penyelenggaraan Penguatan Pendidikan Karakter di satuan Pendidikan Anak Usia Dini dan di satuan komunitas Pramuka melalui pendekatan bermain.

Hal ini sesuai dengan amanat PP No. 87 tahun 2017 pasal 1 butir 1 yang menyatakan bahwa Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) adalah gerakan pendidikan di bawah tanggung jawab satuan pendidikan untuk memperkuat karakter peserta didik melalui harmonisasi oleh hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga dengan pendekatan dan kerja sama antara satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat sebagai bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental. (prokompim/kabmgl/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?