LITERASI. UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) gelar Festival Literasi dengan tema “Semarak Literasi di Era Digital”. (foto: unimma)
Siedoo.com - LITERASI. UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) gelar Festival Literasi dengan tema “Semarak Literasi di Era Digital”. (foto: unimma)
Daerah Pendidikan

UPT Perpustakaan UNIMMA Gelar Festival Literasi, Simak Rangkaiannya

MAGELANG, siedoo.com – Festival Literasi dengan tema “Semarak Literasi di Era Digital” digelar UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA), Senin-Selasa 15-16 Maret 2023) di Auditorium Kampus 1 setempat.

Agendanya diantaranya Biblio Battle, seminar literasi standarisasi yang bekerjasama dengan Badan Standarisasi Nasional (BSN), workshop “Ngonten Sehat dan Bermanfaat” serta lomba poster untuk siswa SMA sederajat.

Kepala UPT Perpustakaan, Jamzanah Wahyu Widayati, S.I.Pust, M.A mengatakan, festival digelar dalam rangka memperingati Hari Buku. “Acara ini merupakan rangkaian acara memperingati Hari Buku di bulan April kemarin. Ini juga sebagai bentuk apresiasi kepada teman-teman pembaca,” ujarnya.

Di hari pertama, Biblio Battle dengan tema “Ini Bukuku, Mana Bukumu?” digelar bagi mahasiswa yang lebih senang mendengar daripada membaca. Dihadirkan tiga narasumber yang membahas buku dengan gaya masing-masing.

Dr. Hermahayu, M.Si, Dosen Psikologi UNIMMA memberikan bahasan buku berjudul “Psikologi belajar teoritis dan praktis”. Sementara Gadih Arlini, S.Pd, membahas buku dengan judul “Cerdas Sebelum Lulus” dan Dimas Chandra Wijaya, Presiden Mahasiswa UNIMMA mengulas buku berjudul “Filosofi Teras”.

Adapun di hari kedua diselenggarakan seminar literasi dengan tema “Literasi Informasi Standarisasi dan Penilaian Kesesuaian” di Auditorium Kampus 1 UNIMMA. Zul Amri, Kepala Biro HKLI BSN dan Minanuddin, Pustakawan Madya BSN berkesempatan menjadi narasumber seminar.

Dalam pemaparannya, Zul menekankan bahwa standarisasi itu sangat penting. Kegiatan standarisasi dikelola BSN untuk Indonesia. PR paling pentingnya adalah bagaimana menyampaikan pesan bahwa standarisasi itu sangat penting.

“Untuk mengenalkan ini kami butuh bantuan dari berbagai pihak. Kami butuh banyak kolaborasi, termasuk hari ini dengan UNIMMA. Mudah-mudahan kita bisa improve lebih baik lagi. Lebih lanjut, kami akan buka akses standar nasional hingga yang lebih baik,” ujar Zul.

Baca Juga :  Posko Pustaka, Membangun Literasi di Tempat Minoritas Sadar Pendidikan

Sementara itu, di waktu yang sama, dilaksanakan pula workshop bersama content creator sekaligus Dosen Ilmu Komunikasi UNIMMA, Prihatin Dwihantoro, S.Sn.,M.I.Kom di ruang kelas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNIMMA.

Dalam workshop tersebut, Hantoro mepaparkan materi tentang iklan, tips membuat konten dan caption hingga infografis. Dengan peserta siswa SMA/SMK dan Kepala Perpustakaan Sekolah, peserta langsung mempraktekan materi yang didapat. (unimma/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?