MENYERAHKAN. Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Magelang, Nurwiyono menyerahkan piala kepada pemenang. (foto: fida/siedoo)
Siedoo.com - MENYERAHKAN. Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Magelang, Nurwiyono menyerahkan piala kepada pemenang. (foto: fida/siedoo)
ADV Pendidikan

Berikut Daftar Pemenang Duta Baca 2023 Kota Magelang, Tengok Juara Satunya

MAGELANG, siedoo.com -Pemilihan Duta Baca digelar Dinas Perpustakaan dan Arsip (Disperpusip) Kota Magelang diselenggarakan di kantor dinas setempat, Rabu (17/5/2023). Acara yang bertajuk “Pengembangan Minat Baca di Era Digital” tersebut dibuka Wakil Wali Kota Magelang, K.H Drs. M. Mansyur, M.Ag pada pukul 08.00 WIB.

Lalu dilanjutkan dengan presentasi para peserta kategori pelajar. Setiap SMP di Kota Magelang wajib mengirimkan dua siswa untuk diikutsertakan dalam Pemilihan Duta Baca. Kemudian mulai pukul 13.00 sampai dengan 15.00 WIB adalah giliran para peserta kategori umum yang terdiri dari siswa SMA sederajat, mahasiswa, dan masyarakat umum.

“Di situ peserta menuliskan terkait dengan apa yang sudah dilaksanakan. Di portofolio dicantumkan rutinitas membacanya seperti apa, apakah dia sering berkunjung ke perpustakaan atau tidak, keaktifan dia di perpustakaan bagaimana, baik di sekolah, di sini (perpustakaan kota) atau di masyarakat,” kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Magelang, Nurwiyono

“Kemudian dia pernah menulis apa. Jadi yang dinilai adalah keaktifan dalam literasi baik membaca,  menulis, maupun interaksi sosial yang lain,” tambahnya.

Peserta Pemilihan Duta Baca dinilai tiga juri. Di antaranya, Bunda Literasi, Dekan Fakultas Psikologi dan Humaniora Universitas Muhammadiyah Magelang, dan Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Jawa Tengah.

Setiap peserta diberi waktu 6 menit untuk presentasi dan 4 menit untuk sesi tanya jawab. Di akhir seleksi, akan dipilih juara 1, 2, 3, harapan 1, 2, dan 3 bagi peserta kategori pelajar. Sementara itu, para peserta kategori umum akan dipilih juara 1, 2, dan 3.

Berikut ini adalah daftar pemenang duta baca 2023:

Kategori Pelajar

Juara 1 Ascharya Nareswari (SMPN 1 Kota Magelang)

Juara 2 Anggun Aulia Widya (SMPN 7 Kota Magelang)

Baca Juga :  Wujudkan Visi Sekolah, Melalui Filosofi Penguatan Pendidikan Karakter

Juara 3 Renata Alicia Kinanti M (SMP SBTH Kota Magelang)

Juara Harapan 1 Anselmus Evan Aditya (SMP Tarakanita Kota Magelang)

Juara Harapan 2 Saujana Thafiq G (SMPN 2 Kota Magelang)

Juara harapan 3 Rakha Farhan Zahy A (SMPN 7 Kota Magelang)

Kategori Umum

Juara 1 Alda Aulia Nadhila (Mahasiswa Untidar)

Juara 2 Mita Febriansa (Mahasiswa Untidar)

Juara 3 Giovannie Cinta (SMAN 5 Magelang)

“Harapannya, kita ingin meningkatkan indeks literasi daerah. Jadi di Kota Magelang ini kan sarana dan prasarana penduduknya sudah cukup bagus. Perpustakaannya bagus, jumlah bukunya ada 66 ribu buku, kita sudah punya e-library yang digital itu. Tetapi indeks literasi masyarakatnya masih rendah. Nah, itu yang nanti dengan adanya duta baca ini, kita bersama sama terjun ke sekolah untuk menunjukkan minat baca literasi menulis,” imbuhnya.

Tindak lanjut dari kegiatan ini, mereka yang bergabung sebagai duta baca bertugas sebagai “Agen Literasi” bersama dengan Dinas Perpustakaan, Bunda Literasi, dan Penggiat Literasi untuk kampanye Gerakan Budaya baca baik di sekolah maupun di masyarakat. (fida/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?