KHITOBAH. Siswa-siswi perwakilan lomba Khitobah dalam SELORA SAPTA pada Senin (17/4/2023). (foto: hesti/siedoo)
Siedoo.com - KHITOBAH. Siswa-siswi perwakilan lomba Khitobah dalam SELORA SAPTA pada Senin (17/4/2023). (foto: hesti/siedoo)
ADV Kegiatan

SELORA SAPTA di SMPN 7 Kota Magelang Berlangsung Sukses, Tengok Rangkaian Kegiatannya

MAGELANG, siedoo.com – Semarak Lomba Ramadan Sapta (SELORA SAPTA) merupakan kegiatan perlombaan di bulan Ramadan yang diadakan SMPN 7 Kota Magelang. Event tersebut digelar pada Senin (17/04/2023) di sekolah setempat.

SELORA SAPTA merupakan program kerja kolaborasi antara OSIS, ARIA (Aktivis Remaja Islam At-taqorub), dan PMR SMPN 7 Kota Magelang. Kegiatan dimulai pukul 7.30 WIB hingga 11.40 WIB.

“Lomba-lomba tersebut di antaranya, Lomba Cerdas Cermat Islam, Khitobah, Tilawah, Khat Qur’an yang dilakukan secara estafet, Cerpen Islami, serta Video Salawat. Lomba video ini diunggah di Youtube masing-masing,” ujar Salah satu guru Pendidikan Agama Islam (PAI), Nella Hidayah.

Pembina OSIS SMPN 7 Magelang, Yusuf Ady Kurniawan mengatakan kegiatan perlombaan ini mengakomodir seluruh siswa, sehingga semuanya berpartisipasi.

Semua siswa terlibat. Tak hanya siswa muslim, siswa beragama Kristiani juga turut menjalankan kegiatan keagamaan selama SELORA SAPTA berlangsung. Kegiatan yang dilaksanakan adalah Paskah Agung Sapta.

Ihsan, salah satu peserta lomba khitobah menyampaikan kesannya.

“Dari lomba ini, kemampuan public speaking di depan teman-teman jadi terasah,” ujar siswa kelas IX A itu.

Ia membawakan tema Birul Walidain berbakti pada orang tua, yang merupakan salah satu dari dua belas tema khitobah yang ditentukan panitia.

Selain lomba Ramadan, SMPN 7 Kota Magelang juga mengadakan bakti sosial (baksos). Baksos ini mengikutsertakan seluruh siswa kelas IX untuk mengumpulkan bantuan seperti pakaian layak pakai, sembako, dan alat tulis.

Kemudian, bantuan tersebut disalurkan kepada Panti Asuhan Ganten, Kota Magelang, oleh panitia baksos.

Nella Hidayah berharap agar kegiatan-kegiatan Ramadan ini dapat berkelanjutan setiap tahun dan dapat memberikan kesan untuk siswa.

Sebagai informasi, sebelum kegiatan SELORA SAPTA dan Bakti Sosial, terdapat kegiatan Zakat Fitrah, yang ditasarufkan kepada warga sekolah, terutama siswa yang kurang mampu, warga sekitar, panti asuhan dan beberapa pondok panti.

Baca Juga :  Kompetisi Kontes, Upaya Mendalami Ilmu Pengetahuan Produk

Pada hari Ramadan biasanya, siswa SMPN 7 juga melaksanakan Literasi Suci di Masjid sekolah. Siswa menjalankan salat dhuha, setelahnya tadarus bersama dengan satu siswa yang memimpin tadarus. Literasi Suci dilaksanakan bergiliran tiap angkatan. (hesti/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?