JENAZAH. Siswa SMPN 4 Kota Magelang sedang praktik perawatan jenazah dalam kegiatan Pesantren Ramadan. (foto: haura/siedoo)
Siedoo.com - JENAZAH. Siswa SMPN 4 Kota Magelang sedang praktik perawatan jenazah dalam kegiatan Pesantren Ramadan. (foto: haura/siedoo)
ADV Kegiatan

Tingkatkan Kualitas Ibadah Siswa, SMPN 4 Kota Magelang Gelar Pesantren Ramadan

MAGELANG, siedoo.com – Memasuki minggu ke tiga bulan Ramadan, SMPN 4 Kota Magelang gelar kegiatan Pesantren Ramadan 1444 Hijriyah. Kegiatan ini dilaksanakan selama lima hari, Senin-Jumat (10-14/4/2023) di aula sekolah setempat.

Kegiatan tersebut menyasar pada seluruh siswa muslim  kelas VIII. Sementara itu, selama kegiatan pesantren berlangsung, siswa non muslim mengisi waktu dengan melaksanakan kegiatan pendalaman Al Kitab.

Tiap harinya, kegiatan diisi dengan pemberian materi/kajian dari ustadz dan dilanjutkan dengan praktik. Pada hari Senin hingga Kamis, kegiatan dimulai pukul 07.30 WIB dan berakhir pukul 12.00 WIB. Sedangkan hari Jumat diakhiri pukul 11.00 WIB.

Hari pertama diisi dengan pemberian materi dan praktik terkait perawatan jenazah yang dipandu oleh Ustadz Nur Arifin dan Ustadz Ariansyah, dan diakhiri dengan salat dzuhur berjamaah.

Kegiatan hari kedua diisi Ustadz Wahyono terkait materi taharah atau bersuci, seperti wudhu dan tayamum. Pada hari berikutnya, penyampaian materi diisi oleh Baznas Kota Magelang yang mana telah bekerjasama dengan SMPN 4 Kota Magelang dalam kegiatan ini.

Sementara untuk hari-hari selanjutnya, terdapat penyampaian materi ilmu fiqih oleh guru PAI yang diambil dari kitab Safinatun Najah.

Salah satu guru Pendidikan Agama Islam SMPN 4 Kota Magelang, Muhammad Sulkhan mengungkapkan, kegiatan ini sebagai upaya untuk menambah wawasan dan meningkatkan kualitas ibadah siswa.

“Kegiatan ini harapannya dapat membenahi tata cara ibadah siswa agar lebih baik kedepannya,” tuturnya.

Senada dengan Muhammad Sulkhan, Fitri Irmawati yang juga merupakan guru Pendidikan Agama Islam berharap agar materi yang diberikan dapat diterapkan oleh siswa.

“Supaya anak-anak kedepannya lebih baik, bukan hanya dari segi teori, tetapi juga dalam praktiknya mereka bisa menerapkan dalam kehidupan sehari-hari,” ungkapnya.

Baca Juga :  SD Muhammadiyah Inovatif Mertoyudan Laksanakan Upacara Bendera Virtual

Rangkaian acara Pesantren Ramadan SMPN 4 Kota Magelang dilanjutkan dengan Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT) serta pentasharufan zakat fitrah yang akan dilaksanakan pada 15-16 April 2023, dan ditutup dengan Sima’an Al Qur’an bi Nadzor 30 Juz yang akan dilaksanakan pada 17 -18 April 2023. (haura/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?