PENGHARGAAN. Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz (dua dari kanan) mendapat penghargaan dalam Sosialisasi dan Asistensi RB Tematik dan Perubahan Road Map Reformasi Birokrasi 2023 di Gedung Gradhika Bakti Praja Semarang, Kamis (30/3/2023). (foto: prokompimkotamgl)
Siedoo.com - PENGHARGAAN. Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz (dua dari kanan) mendapat penghargaan dalam Sosialisasi dan Asistensi RB Tematik dan Perubahan Road Map Reformasi Birokrasi 2023 di Gedung Gradhika Bakti Praja Semarang, Kamis (30/3/2023). (foto: prokompimkotamgl)
Daerah

Patut Berbangga! SIMPEL Kota Magelang Masuk TOP 5 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Jateng 2023, Apa itu SIMPEL?

MAGELANG, siedoo.com – Sistem Pemakaman Online (SIMPEL) Kota Magelang masuk dalam Top 5 kategori Kabupaten/Kota Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Provinsi Jawa Tengah tahun 2023. Atas hal ini, kota yang memiliki tiga kecamatan tersebut mendapat penghargaan dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Piagam penghargaan disampaikan langsung Ganjar Pranowo kepada Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz pada acara Sosialisasi dan Asistensi RB Tematik dan Perubahan Road Map Reformasi Birokrasi 2023 di Gedung Gradhika Bakti Praja Semarang, Kamis (30/3/2023).

Turut menyaksikan kegiatan tersebut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) Abdullah Azwar Anas beserta jajarannya dan Kepala Daerah se-Jawa Tengah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Makhmud Yunus menjelaskan, selama ini izin pemakaman identik dengan premanisme, retribusi yang tidak teratur, penataan yang kurang baik. Maka SIMPEL hadir sehingga petak pemakaman jadi lebih teratur menggunakan sistem blok dan pembayaran retribusi bisa memakai sistem online.

“Dengan SIMPEL, proses perizinan dipangkas yang semula 1-2 minggu sekarang bisa 1-2 hari saja setelah pembayaran. SIMPEL berbasis web, bukan android, jadi mudah dan ringan untuk ponsel,” jelas Yunus, didampingi Kabid Pengelolaan Pertamanan dan Pemakaman DLH Dr. Yetty Setiyaningsih.

Sebagai informasi, SIMPEL merupakan aplikasi yang digagas oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Magelang. SIMPEL adalah sistem dimana administrasi pemakaman menjadi mudah.

Pemohon/ahli waris dapat mendaftar perijinan pemakaman, perpanjangan izin pemakaman, izin pemakaman tumpangan dan perpanjangan izin makam tumpangan serta pemesanan petak makam secara online.

SIMPEL sudah beroperasi sejak 2020 dan sudah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat. Sejauh ini SIMPEL diperuntukkan untuk pemakaman di TPU Giriloyo Kota Magelang.

“Aplikasi ini adalah pelayanan masyarakat tentang pemakaman jadi lebih mudah dan transparan, tidak ada privilege, semua jelas. Masyarakat mudah mengakses, lebih cepat, termasuk biaya dan sebagainya,” ungkap Dokter Aziz, usai menerima penghargaan.

Baca Juga :  Edukasi Kelautan, Pelindo I dan Kagama Gelar Aksi Milenial

Dia mengatakan, OPD/BUMD di Kota Magelang harus mampu mencetuskan inovasi, utamanya yang berbasis digital. Ini penting seiring perkembangan jaman sehingga pelayanan masyarakat akan semakin baik dan transparan.

“Kita dorong, dan semua OPD salah satu indikator kinerjanya harus membuat inovasi minimal satu. Dan itu sudah berjalan di Kota Magelang. Harapan ke depan semua sudah digitalisasi sehingga bisa mengurangi biaya-biaya operasional,” imbuhnya. (prokompim/kotamgl/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?