TARIAN. Penampilan tari oleh siswa dalam Gelar Karya P5 Ketiga SMPN 7 Kota Magelang, Sabtu (18/03/2023). (foto: hesti/siedoo)
Siedoo.com - TARIAN. Penampilan tari oleh siswa dalam Gelar Karya P5 Ketiga SMPN 7 Kota Magelang, Sabtu (18/03/2023). (foto: hesti/siedoo)
ADV Kegiatan

Gelar Karya P5 Ketiga, Siswa SMPN 7 Kota Magelang Suguhkan Tarian Lokal, Ada Kuda Lumping sampai Topeng Ireng

MAGELANG, siedoo.com – SMPN 7 Kota Magelang melangsungkan Gelar Karya P5 Ketiga di lapangan sekolah setempat, Sabtu (18/3/2023). Kegiatan tersebut merupakan hasil akhir dari Projek Penguatan Profil Pembelajar Pancasila (P5).

Tema yang diusung kearifan lokal Magelang dan sekitarnya. P5 yang diikuti seluruh siswa kelas VII ini fokus pada kesenian daerah. Kesempatan itu, sekolah juga mengundang wali murid untuk meramaikan acara sekaligus bertepatan dengan pengambilan hasil Penilaian Tengah Semester (PTS).

Setiap kelas masing-masing menampilkan satu tarian lokal Magelang. Total ada enam kelompok yang tampil.

“Yang ditampilkan macam-macam, ada tari topeng ireng, kuda lumping, sorengan, kuntulan, dan tari lain. Tari yang ditampilkan tiap kelas berbeda-beda,” ujar Ketua Pelaksana P5 SMPN 7 Kota Magelang, Nanda Vidyastria, S. S., M. Pd.

Semua siswa peserta P5 terlibat dalam gelar karya ini. Ada tim penampil, ada pula yang memanajemen kebutuhan penampilan, seperti make up dan kostum. Untuk keperluan kostum, sekolah mengarahkan siswa membuat satu aksesoris dari bahan limbah daur ulang.

Menurut Nanda, antusiasme siswa melebihi ekspetasinya. Siswa merespons positif kegiatan ini. “Siswa sering berlatih, di luar jam pelajaran yang disediakan untuk P5 pun mereka berlatih secara mandiri,” tandasnya.

Selain penampilan tari dari siswa peserta P5, gelar karya dimeriahkan juga dengan adanya Market Day. Market Day diikuti siswa kelas IX sebagai implementasi dari mata pelajaran Prakarya dan IPS materi ekonomi kreatif. Para siswa menjajakan produknya. Mayoritas para siswa menjual makanan dan minuman buatannya sendiri.

Nanda yang merupakan guru Bahasa Inggris tersebut menuturkan harapannya. “Harapannya, tujuan program tercapai, sehingga dapat menguatkan karakter para siswa untuk bekerjasama, kreatif, mandiri, bergotong royong, dan sebagainya. Kedepannya, semoga kita bisa dimudahkan untuk memfasilitasi proyek-proyek selanjutnya sesuai dengan minat dan bakat siswa,” jelasnya.

Baca Juga :  Jalanan Depan Sekolah Ramai, PKS SMK Muhammadiyah 1 Borobudur Bantu Atur Lalu Lintas

Salah satu penampil, Adhinda Haruni mengaku senang dengan adanya kegiatan tersebut. Ia yang menyukai seni tari ini mengaku mendapatkan banyak pengetahuan tentang tarian khas Magelang dan sekitarnya.

Ia mengungkapkan harapannya agar ke depannya acara seperti ini bisa lebih meriah. “Acaranya bagus dan menyenangkan. Harapannya semoga acara selanjutnya bisa lebih besar dan meriah,” terangnya.

Senada dengan Adhinda, Irvinta Ajeng juga merasa jika wawasannya tentang tari semakin bertambah. “Senang sekali. Program ini membuat saya mendapat wawasan bertambah dan bisa menampilkan bakat tari. Kebetulan saya suka menari,” tutur siswi kelas VII F tersebut. (hesti/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?