DISEMPROT. Alun-alun Kota Magelang disemprot air untuk menghilangkan abu vulkanik Merapi. (foto: prokompimkotamgl)
Siedoo.com - DISEMPROT. Alun-alun Kota Magelang disemprot air untuk menghilangkan abu vulkanik Merapi. (foto: prokompimkotamgl)
Daerah

Terkena Abu Vulkanik Merapi, Area Publik di Kota Magelang Disemprot Air

MAGELANG, siedoo.com – Dalam menanggulangi dampak erupsi Merapi pada Sabtu 11 Maret 2023, Pemkot Magelang bergerak cepat. Langkah pertama yang dilakukan melakukan rapat koordinasi.

Rapat dipimpin Pj Sekretaris Daerah Kota Magelang Larsita dihadiri Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Asisten Administrasi Umum, kepala OPD terkait seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kesehatan, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Diskominsta, para Camat dan PMI Kota Magelang.

Larsita menjelaskan, Pemerintah Kota Magelang mengambil beberapa langkah untuk menanggulangi hujan abu yang mengguyur wilayah kota setempat.

“Langkah yang pertama, Pemerintah Kota Magelang melalui Dinas Lingkungan Hidup, BPBD, UPT Damkar dan PDAM akan melakukan penyemprotan di beberapa area public space, baik itu taman maupun ruas-ruas jalan di Kota Magelang. Penyemprotan dimulai dari Alun-alun dan sekitarnya pada malam ini. Besoknya akan dilanjutkan di area yang lain,” terangnya.

Kegiatan tersebut dibantu jajaran Satpol PP, Dishub, relawan PMI dan Tagana.

Selain itu, akan dibagikan masker di beberapa titik di ruas-ruas jalan untuk membantu masyarakat agar terhindar dari gangguan pernapasan.

“Hari ini pula sudah disiapkan distribusi obat-obatan yang terkait dengan iritasi mata maupun  masalah pernapasan. Semua obat telah disiapkan Puskesmas dan Puskesmas Pembantu di Kota Magelang untuk masyarakat Kota Magelang yang membutuhkan,” lanjut Larsita.

Wakil Walikota Magelang M. Mansyur yang temui di Rumah Dinas Wakil Walikota mengapresiasi langkah cepat yang diambil jajaran Pemerintah Kota Magelang.

Mansyur juga menghimbau masyarakat agar besok pagi seluruh warga bersama bergotong-royong membersihkan lingkungannya dari debu erupsi Merapi. Hal ini penting untuk agar Kota Magelang tetap bersih dan terjaga kesehatan warganya.

“Kepada warga yang tidak mempunyai kepentingan mendesak, sebaiknya idak usah bepergian dahulu. Terutama orang tua dan yang kurang sehat, tetap tinggal di rumah untuk menjaga kesehatan jasmani,” pesannya.

Baca Juga :  Guru BK di Kota Magelang Deklarasi Anti Bullying, Ketua PGRI: Menyamakan Persepsi

Lebih lanjut, Mansyur menerangkan pihaknya telah mengantisipasi kedatangan masyarakat terkait acara Khataman menjelang Ramadan yang dilaksanakan besok Minggu (12/3/2023) di Masjid Agung dan Taman Kyai Langgeng Ecopark. Tempat acara tersebut dipastikan sudah bersih dan masyarakat yang datang akan disediakan masker.

Sebagai informasi, bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan yang bersifat darurat, bisa menghubungi PSC 119 yang akan siap melayani 24 jam. (prokompim/kotamgl/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?