DINAS. Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi. (humaspemkabmgl)
Siedoo.com - DINAS. Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi. (humaspemkabmgl)
Daerah

Cegah Tindak Kekerasan Anak Usia Sekolah, Disdikbud Kabupaten Magelang Beri Ruang Gali Potensi Positif

MAGELANG, siedoo.com – Kasus kekerasan yang melibatkan anak usia sekolah baru-baru ini di jalan Magelang-Yogyakarta, Metro Square, Mertoyudan, Kabupaten Magelang mendapat perhatian dari Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi. Ia merasa prihatin atas kejadian tersebut.

Menurutnya, kejadian itu merupakan hal yang perlu diantisipasi bersama. Nanda berharap, sekolah-sekolah terutama di ruang lingkup Kabupaten Magelang yaitu SLTP/MTs bisa terus memberikan ruang kepada anak-anak siswa siswi untuk menggali potensi dalam hal yang positif.

“Sehingga dengan begitu tidak ada kesempatan sekecil apapun untuk anak-anak siswa ini melakukan hal yang negatif seperti itu (melakukan tindak kekerasan),” kata Nanda saat dikonfirmasi disela-sela kesibukannya, Selasa 7 Maret 2023.

Lebih lanjut Nanda menjelaskan, kasus kekerasan yang baru-baru ini terjadi melibatkan anak usia sekolah di tingkat SLTA/SMK. Pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VII Provinsi Jawa Tengah.

Sementara untuk di ruang lingkup wilayah Kabupaten Magelang (SLTP/MTs) Nanda juga sudah melakukan koordinasi dan komunikasi untuk mengantisipasi hal yang serupa agar tidak terjadi lagi pada siswa siswi di sekolah tingkat tersebut.

“Kita berharap kepedulian bersama kita sebagai warga masyarakat, kepedulian kita sebagai unsur pendidik di sekolah, sebagai pamomong anak-anak bisa terus ditingkatkan agar anak-anak juga bisa melakukan aktivitas sesuai kedudukannya sebagai pelajar dan bisa menghindari pelanggaran hukum, melakukan hal-hal yang positif dan bermanfaat untuk bisa mencapai cita-citanya,” harapnya.

Dengan diberikannya ruang yang cukup untuk menggali potensi belajar anak-anak, maka diharapkan dapat meminimalisir kejadian atau hal-hal negatif yang terjadi pada anak usia sekolah.

Untuk diketahui, beberapa waktu yang lalu Disdikbud Kabupaten Magelang juga telah melakukan upaya untuk mengundang seluruh kepala sekolah baik itu SLTP Negeri/Swasta dan berkoordinasi dengan Kepala Kantor Kementerian Agama dalam rangka mengkomunikasikan agar kejadian kekerasan yang merugikan diri sendiri dan orang lain bisa dihindari.

Baca Juga :  Seleksi PPPK Guru 2021 Sukses Digelar di SMKN 1 Kota Magelang

“Selain itu pengawasan orang tua dan masyarakat di lingkungan juga harus terus kita tingkatkan, karena tidak mungkin sekolah bisa mengawasi 24 jam kepada anak-anak didiknya,” ujar Nanda.

Nanda menambahkan bahwa, Disdikbud Kabupaten Magelang juga terus mendorong pembinaan karakter di sekolah agar anak didiknya memiliki profil pelajar Pancasila. (humaspemkabmgl/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?