KONTINGEN. Regu putra Kontingen Pramuka Penggalang SMP IT Ihsanul Fikri Kota Magelang foto bersama saat mengikuti Kemnas V di Cibubur. (foto: ist)
Siedoo.com - KONTINGEN. Regu putra Kontingen Pramuka Penggalang SMP IT Ihsanul Fikri Kota Magelang foto bersama saat mengikuti Kemnas V di Cibubur. (foto: ist)
ADV

Bersama Perwakilan dari Malaysia dan Thailand, Siswa SMP IT Ihsanul Fikri Kota Magelang Turut Serta dalam Kemnas V 2023

MAGELANG, siedoo.com – Perwakilan SIT (Sekolah Islam Terpadu) Kota Magelang, Jawa Tengah patut berbangga. Kontingen Pramuka Penggalang SMP IT Ihsanul Fikri setempat yang tergabung dalam Satuan Komunitas (Sako) Pramuka Islam Terpadu berpartisipasi dalam Kemah Ukhuwah Nasional (Kemnas) V 2023.

Perkemahan tersebut dilaksanakan pada 15-18 Februari 2023 di Buperta Cibubur, Jakarta Timur. Temanya “Membentuk Generasi Kreatif, Inovatif, dan Kolaboratif”. Hal ini sebagai upaya untuk terus mengembangkan putra putri Indonesia yang kreatif, inovatif, dan kolaboratif khususnya siswa SIT.

Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Kamabigus), Agus Nugroho Ponco Saputro, S. Pd., menyebutkan tujuan diadakannya Kemah Ukhuwah Nasional.

“Agenda empat tahunan ini untuk meningkatkan karakter, kemandirian, ketangguhan, ketangkasan, disiplin dalam ibadah, semangat persaudaraan, menumbuhkan jiwa kepemimpinan serta persatuan dan kesatuan PRAMUKA Penggalang dalam bingkai nilai-nilai keislaman,” jelasnya.

Sekitar 10.000 peserta dari SIT seluruh Indonesia serta perwakilan negara sahabat, Malaysia dan Thailand mengikuti Kemnas V.

Dalam Kemnas V, Kontingen Gugus Depan 02.045-046 SMPIT Ihsanul Fikri mengirimkan 16 peserta dan 4 pembina. Masing-masing tergabung dalam 1 regu putra (Regu Singa) dan 1 regu putri (Regu Anggrek).

Regu putra beranggotakan 8 siswa. Yaitu, Akhmad Toriq Al Haq, Hanif Hidayatullah Ahmad, Daniswara Aulayain Santoso, Revandra Natha Nugroho, Muhammad Syachdan Hafara Sani, Achmad Dzakira Raisa Huda, Muhammad King Hosen Cicero, dan Azka Arqam Miqdam Elkasyai.

Regu putri pun beranggotakan 8 siswa. Yakni, Annisa Maryama Abdillah, Breelian Anindita Waskito, Risma Ayimatul Anisa, Novia Anggraeni, Mahira Dzikra Nurraifi, Yumna Rasikhah, Naura Attaya Putri, dan Nadhira Gaily Elsyafarid.

Kemnas V dibuka Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Komjen Pol (Purn) Budi Waseso. Dalam sambutannya, Budi Waseso menekankan pentingnya kegiatan Pramuka untuk kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Baca Juga :  Gedung Dewan Terbuka bagi Siswa untuk Belajar Pendidikan Politik

“Tujuan Gerakan Pramuka adalah membentuk setiap anggota Pramuka memiliki kepribadian, keiimanan, ketaqwaan, akhlak mulia, jiwa patriotis, taat pada hukum, disiplin, serta menjunjung tinggi nilai luhur-luhur bangsa dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga serta membangun NKRI,” ujarnya.

Selain itu, Kemnas V juga dihadiri Sekjen Waka Kakoma/ Kak Ludfi, Waka Kwarnas Yuniar Lutfi, Ketua JSIT Indonesia Fahmi Zulkarnain, Ketua Majelis Pembimbing Sako Pramuka SIT Sukro Muhab, dan Ketua Sako Pramuka SIT Fauzi Nahdi.

Berbagai keterampilan dan pengetahuan diajarkan dalam Kemnas V. Ada scoring skill, expo teknologi, expo kebudayaan daerah, expo pertahanan dan keamanan negara, permainan daerah, petualangan penyelamatan, dan lainnya.

Para peserta juga disiplin menjaga ketertiban ibadah, menjaga kebersihan lingkungan dan melakukan bakti sosial melalui Konser Amal yang dihadiri Ebiet beat A, Izzatul Islam dan artis religi lainnya.

Pembina Pramuka SMP IT Ihsanul Fikri, Eri Warsono, juga ikut menekankan pentingnya kegiatan kepramukaan.

“Para siswa memang sudah sudah sepatutnya diberikan kesempatan mengikuti kegiatan seperti ini sehingga wawasan serta pengalaman mereka juga semakin berkembang, tidak hanya terbatas di sekolah saja,” ucap Eri.

Ahmad Dzakira, salah satu anggota regu putra SMP IT Ihsanul Fikri, mengungkapkan rasa senang dan bangganya dapat mengikuti Kemnas V 2023.

“Saya senang sekali bisa mengikuti Kemnas tahun ini. Selain mendapat teman baru, saya juga mendapatkan pengalaman baru seperti ketika praktik menggunakan perahu karet. Saya berharap dapat lebih giat serta disiplin lagi dalam mengikuti kegiatan pramuka kedepannya,” ungkap siswa kelas 8 tersebut. (hesti/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?