APEL. Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang, Slamet Ahmad Husein bersama jajaran Setda Kabupaten Magelang saat memimpin apel pagi secara virtual. (foto: prokompim)
Siedoo.com - APEL. Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang, Slamet Ahmad Husein bersama jajaran Setda Kabupaten Magelang saat memimpin apel pagi secara virtual. (foto: prokompim)
Daerah

Suguhkan Menara Langit Ketep Pass hingga Bangun Destinasi dan Industri Pariwisata di Kali Bening Payaman

MAGELANG, siedoo.com – Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang akan melakukan kegiatan pada tahun 2023. Pertama, di bidang pemasaran dan ekonomi kreatif akan diadakan ajang pemilihan Duta Wisata Tahun 2023 setelah selama dua tahun tidak terselenggara karena Covid-19.

Yang kedua, di bidang Industri Pariwisata juga telah dibangun Menara Langit Ketep Pass, sebuah wahana baru di wisata Ketep Pass dengan panorama Gunung Merapi yang memanjakan wisatawan.

Kemudian yang ketiga di bidang kepemudaan dan olahraga Tahun 2023 ini, akan didirikan GOR Multievent sebagai sarana perluasan kawasan Kompleks Sport Center Kabupaten Magelang.

“Yang keempat pembangunan Destinasi dan Industri Pariwisata di Kali Bening, Payaman dengan fasilitas yang baru,” kata Kepala Disparpora Kabupaten Magelang, Slamet Ahmad Husein saat memimpin apel pagi secara virtual dari Ruang Command Center, Setda Kabupaten Magelang, Senin (6/2/2023).

Dalam kesempatan itu disampaikan, di Kabupaten Magelang, sektor pariwisata dan industri kreatif tetap berjalan sesuai strategi dan arahan Presiden Joko Widodo dalam peluncuran Karisma Event Nusantara Festival 2023, yang mengamanatkan bahwa pariwisata Indonesia harus bangkit.

Menurut Husein, saat ini merupakan waktu yang sangat baik untuk bangkit menggenjot sekencang kencangnya pertumbuhan ekonomi pariwisata Indonesia.

“Kita telah meluncurkan Gerakan Nasional Bangga Berwisata di Indonesia untuk mengajak lebih banyak masyarakat berwisata di dalam negeri. Mendongkrak pertumbuhan wisatawan nusantara hingga dua kali lebih banyak dari tahun sebelumnya,” katanya.

Lebih lanjut Husein menyampaikan, bahwa pentingnya berkolaborasi, bekerjasama, memperbaiki kualitas destinasi, memperbanyak atraksi dan event yang menarik, menampilkan inovasi dan kreativitas untuk meningkatkan daya saing.

Terkait hal tersebut Disparpora Kabupaten Magelang telah melakukan strategi antara lain, Inovasi dengan memetakan segi potensi ataupun penguatan. Bukan sekedar bertahan (survive), sehingga diyakini dapat menangkap peluang untuk menarik wisatawan domestik sebagai targetnya.

Baca Juga :  Bupati Magelang: Perangkat Desa Memegang Peran Strategis Dalam Pembangunan

Kemudian kolaborasi dengan mengedepankan komunikasi terbuka dan kerjasama antar pihak yang makin sinergi, serta menghadirkan beberapa event ternama bersama stakeholder.

Disparpora Kabupaten Magelang juga berkomitmen tinggi dalam membangun kepariwisataan berbasis budaya berlandaskan kearifan lokal. Tidak dapat dipungkiri secara konkret dan nyata keberadaan pariwisata tela memberi dampak positif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Magelang.

“Untuk itu, sektor pariwisata harus terus dibangun secara serius disesuaikan dengan potensi alam, budaya yang dimiliki setiap daerah. Pariwisata yang dibangun dengan baik dan dikelola dengan baik akan berdampak ganda,” ujarnya. (prokompim/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?