MERESMIKAN. Bupati Magelang Zaenal Arifin bersama jajaran Pimpinan Muhammadiyah Pusat dan Daerah Kabupaten Magelang saat meresmikan dan meninjau Klinik Utama PKU Muhammadiyah Grabag. (foto: prokompim)
Siedoo.com - MERESMIKAN. Bupati Magelang Zaenal Arifin bersama jajaran Pimpinan Muhammadiyah Pusat dan Daerah Kabupaten Magelang saat meresmikan dan meninjau Klinik Utama PKU Muhammadiyah Grabag. (foto: prokompim)
Daerah

Klinik Utama PKU Muhammadiyah Grabag Diresmikan, Pelayanan untuk Semua Orang

MAGELANG, siedoo.com – Klinik Utama PKU Muhammadiyah Grabag yang terletak di Jalan Kiai Siraj No 20, Ponggol, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, diresmikan oleh Bupati Magelang, Zaenal Arifin, Minggu (29/1/2023).

Dalam kesempatan ini, ia didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, dr Sunaryo bersama jajaran Pimpinan Muhammadiyah Pusat dan Daerah.

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Magelang, Jumari berharap pembangunan Klinik Utama PKU Muhammadiyah Grabag tidak hanya berhenti sampai di sini saja, tetapi bisa terus berlanjut hingga menjadi sebuah Rumah Sakit.

Ia menegaskan Klinik Utama PKU Muhammadiyah Grabag siap melayani masyarakat yang membutuhkan pelayanan di bidang kesehatan tanpa membeda-bedakan baik itu agama, pangkat, dan golongan.

“Jadi yang dilayani di sini (Klinik Utama PKU Muhammadiyah Grabag) semua orang, tidak ditanya agamanya apa, partainya apa, atau pangkatnya apa,” tegasnya.

Sementara, Ketua Panitia Pembangunan PKU Muhammadiyah Grabag, H Hadi Saputra dalam laporannya menyampaikan acara peresmian ini sebelumnya telah diawali dengan kegiatan pra launching selama sepekan dengan kegiatan antara lain pelatihan pengelolaan ambulance, senam lansia, penyuluhan kesehatan, pengobatan massal, serta khitanan massal.

Ia menjelaskan bangunan PKU Muhammadiyah Grabag ini merupakan wakaf dari H Suhadi Sudibyo diatas tanah wakaf seluas 1442 meter pesegi, yang terdiri dari 1022 meter pesegi tanah wakaf dari Insinyur H Badri dan 420 meter pesegi dari H Suhadi Sudibyo.

Bupati mengapresiasi kepada segenap pewakaf dalam rangka pendirian klinik tersebut. “Semoga klinik ini dapat membantu Pemerintah Kabupaten Magelang untuk memberikan pelayanan terbaik di bidang kesehatan kepada masyarakat di wilayah Kecamatan Grabag dan sekitarnya,” ucap Zaenal.

Untuk diketahui, saat ini tahapan pembangunan Gedung Klinik Utama PKU Muhammadiyah Grabag terdiri dari Poliklinik layanan Spesialis Penyakit Dalam, Spesialis Saraf, Spesialis Anak, Poliklinik Gigi, IGD 24 jam, dan Fasilitas Rawat Inap.

Baca Juga :  ITS Resmikan Student Health Care Center

Zaenal Arifin mengatakanpelayanan di sektor kesehatan, di era digitalisasi dewasa ini telah berkembang dengan begitu pesatnya, seperti pendaftaran pasien secara online, rujukan melalui aplikasi, data base hasil pemeriksaan pasien secara computerized dan masih banyak lagi fasilitas pelayanan di bidang kesehatan yang saat ini telah dilakukan melalui media digital.

Berbagai layanan canggih tersebut di era saat ini menjadi layanan yang wajib dilakukan dan tidak boleh ditawar-tawar lagi oleh setiap lembaga pelayanan publik di bidang kesehatan, dalam rangka menjawab tuntutan publik yang semakin tinggi dan kompleks melalui inovasi berbasis teknologi informasi (Innovation Based Information Technology).

Kini masyarakat menginginkan pelayanan kesehatan yang cepat, sederhana, prima dan paripurna sekaligus diiringi ekspektasi pelayanan kesehatan yang lebih tinggi.

Sehingga, untuk menjawab tantangan tersebut, Klinik Utama PKU Muhammadiyah Grabag dengan seluruh sumber daya manusia medis, keperawatan dan tenaga kesehatan lainnya diharapkan benar-benar siap.

“Kami berpesan kepada jajaran Klinik Utama PKU Muhammadiyah Grabag agar terus termotivasi dan bersemangat dalam menjalankan tugasnya, memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan sikap ramah, tulus dan ikhlas agar masyarakat benar-benar merasakan manfaat atas kehadiran Klinik Utama PKU Muhammadiyah Grabag ini,” kata Zaenal. (prokompim/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?