VISI. Pemaparan visi dan misi kandidat ketua dan wakil ketua OSIS SMPN 2 Kota Magelang. (foto: istimewa)
Siedoo.com - VISI. Pemaparan visi dan misi kandidat ketua dan wakil ketua OSIS SMPN 2 Kota Magelang. (foto: istimewa)
ADV

Lebih Maju! Suksesi OSIS di SMPN 2 Kota Magelang Pakai E-Pilketos

MAGELANG, siedoo.com – Terobosan dilakukan SMPN 2 Kota Magelang, Jawa Tengah dalam suksesi kepemimpinan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) periode 2023-2024. Tema yang diangkat “Pemilih Cerdas Pilihan Berkualitas”.

Dalam pemilihan yang berlangsung beberapa hari lalu tersebut tidak dilakukan secara manual. Tetapi memanfaatkan teknologi. Yakni, menggunakan aplikasi E-Pilketos

Pembina Osis SMPN 2 Kota Magelang, Prastio, S.Pd mengatakan, pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS dilakukan setiap tahun. Hal ini menjadi bekal atau pengalaman siswa dalam berdemokrasi.

“Berbeda dengan tahun lalu. Karena tahun ini menggunakan sistem e-voting menggunakan aplikasi E-Pilketos. Penggunaan aplikasi ini bukan hanya mengefisiensi waktu dan tenaga, juga menarik perhatian siswa guna berpartisipasi dalam acara tersebut,” kata Prastio, Kamis (22/12/2022).

“Kegiatan ini dapat menjadi referensi kedepannya dengan memanfaatkan dan megikuti kemajuan teknologi,” tambahnya.

Wakil Ketua OSIS Periode 2021-2022 SMPN 2, Erna Maharani menyebutkan, kegiatan ini menjadi menarik, karena menggunakan aplikasi.

“Walaupun sebelumnya pernah menggunakan Google Form,” akunya.

Pihak sekolah meminta pihak ketiga untuk memproduksi aplikasi tersebut dengan ketentuan yang ada.

Ketua panitia, Nadia Dafta mengatakan, dalam pengoperasiannya, panitia menyediakan lima buah tab yang dibagikan tiap bilik pemilihan. Dalam tab tersebut sudah terisi aplikasi E-Pilketos.

Walaupun digunakan oleh 806 peserta pemilihan yang terdiri oleh guru, staf TU, karyawan dan seluruh siswa, tidak terdapat kendala sama sekali.

“Penggunaan aplikasi E-Pilketos baru kali ini digunakan dan baru sekali diujicobakan. Namun ketika digunakan tidak ada kendala sama sekali,” jelas Dafta.

Tahapan Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS

Rangkaian pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS SMPN 2 diawali dengan tahapan pengumuman. Baik melalui flayer yang di-share di grup angkatan maupun melalui wali kelas.

Baca Juga :  Suguhkan GPS Berkarakter, SMPN 2 Kota Magelang Juara 3 MIA Tahun 2022

Selanjutnya peserta didik yang berminat mendaftarkan diri menjadi ketua dan wakil ketua OSIS mengisi formulir yang disediakan di ruang OSIS.

Terdapat lima pasangan bakal calon yang mendaftarakan, Zaki-Kalila, Rayhan-Qintar, Zike-Agung, Rafif-Najla dan Syafa- Asna.

Setelah kelima bakal calon memenuhi syarat administrasi, berikutnya dilakukan rapat terbatas Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang terdiri dari pembina dan pengurus OSIS.

Pendaftaran bakal calon ketua dan wakil ketua OSIS SMPN 2 terbuka bagi semua peserta didik dengan latar belakang suku, ras, dan agama apapun, baik laki-laki maupun perempuan.

Akhirnya dari kelima bakal calon yang mendaftar sesuai juknis yang ada bahwa calon ketua dan wakil ketua OSIS SMPN 2 Kota Magelang adalah mereka yang memiliki suara dukungan tiga besar dari suara pembina dan pengurus OSIS.

Selanjutnya dilakukan rapat dan paparan visi-misi bakal calon di Ruang Serba Guna. Lalu para pemilik suara menggunakan haknya menggunakan aplikasi menti untuk menentukan tiga besar bakal calon yang akan diputuskan sebagai calon.

Keluarlah pasangan Zike-Agung, Rafif-Najla dan Syafa-Asna sebagai pemilik tiga besar suara. Selanjutnya dilakukan pengundian nomor, 01 (Zike-Agung), 02 (Rafif-Najla), dan 03 (Syafa-Asna).

Setelah ditetapkan sebagai calon, selanjutnya ketiga pasangan calon dipersilakan untuk menyiapkan alat peraga kampanye untuk mensosialisasikan visi-misi dan program kerja mereka jika terpilih.

Ketiga paslon diberi bantuan alat peraga berupa kertas dan stand banner. Ketiga paslon secara aktif dan kreatif menggunakan berbagai aplikasi fan teknologi membuat alat peraga kampanye mereka.

Banner paslon dipasang di lobi sekolah, poster ditempel di mading kelas, rekaman video diupload di YouTube dan IG. Sementara mp3 diputar setiap jam istirahat di radio sekolah, Spenada FM.

Baca Juga :  Siswa KB dan TK Kemala Bhayangkari Kota Magelang Diberi Vitamin A

Tahap berikutnya ketika paslon melakukan orasi dan debat terbuka dihadapan seluruh bapak-ibu guru, karyawan dan seluruh siswa SMPN 2 di lapangan sekolah.

Dihadapan tiga panelis mereka memaparkan visi misi mereka. Sesi tanya jawab antar paslon juga berlangsung seru, termasuk tanya jawab dengan audien.

Setelah semua warga sekolah melihat, mendengar dan mencermati visi misi ketiga paslon tibalah saatnya dilakukan pemilihan langsung.

Diawali dengan penentuan Daftar Pemilih Tetap sejumlah 806 DPT yang telah diberi undangan dan akun e-voting. Seluruh warga sekolah dari kepala sekolah, guru, karyawan serta seluruh peserta didik melakukan voting online menggunakan aplikasi e-Pilketos.

Dalam bilik-bilik yang sudah disiapkan panitia para pemilih menunaikan haknya. Akhirnya terpilihlah pasangan 02 Ananda – Rafif dan Najla sebagai calon ketua dan wakil ketua OSIS SMPN 2 Kota Magelang terpilih periode 2023-2024 dengan perolehan 539 atau 73 persen suara.

Selanjunya dilakukan penyerahan bendera OSIS dari Nadhif Dafta kepada Ananda Rafif sebagai penanda simbolis berlangsungnya proses suksesi ketua dan wakil ketua OSIS SMP Negeri 2 Magelang.

Rangkaian pemilos ditutup dengan sambutan singkat pasangan calon ketua dan wakil ketua OSIS SMPN 2 terpilih diiringi tepuk tangan seluruh warga sekolah sebagai penanda bahwa dalam pemilos ini adalah kemenangan bersama. (fathna/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?