MARKET. Central Java Fish Market akan dihelat Minggu (11/12/2022) mendatang  diTaman Sunan Jogo Kali, Kota Surakarta atau Solo. (sumber: provjateng)
Siedoo.com - MARKET. Central Java Fish Market akan dihelat Minggu (11/12/2022) mendatang  diTaman Sunan Jogo Kali, Kota Surakarta atau Solo. (sumber: provjateng)
Daerah

Minggu Besok! Jangan Lewatkan Central Java Fish Market di Solo, Dongkrak Minat Konsumsi Ikan

SEMARANG, siedoo.com – Minat masyarakat dalam mengonsumsi ikan terus ditingkatkan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng). Salah satunya lewat Central Java Fish Market yang akan dihelat Minggu (11/12/2022) mendatang di Taman Sunan Jogo Kali, Kota Surakarta atau Solo.

Rangkaian acara pada event itu adalah Central Java Fish Market Run 5K, UMKM Expo, Lomba Masak Ikan Milenial, Lomba Mewarnai dan Demo Masak bersama chef ICA. Kesempatan itu rencananya akan dihadiri Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

“Tujuannya untuk mengenalkan potensi produk perikanan di Jawa Tengah. Selain itu, dengan pameran ini, harapannya bisa memberi alternatif pangan bergizi untuk mencegah stunting,” Kasi Logistik

Bina Mutu dan Diversifikasi Produk Dinas Kelautan dan Perikanan Jateng Dina Mayasari dilansir dari laman resmi Pemprov Jateng, Selasa (6/12/2022).

Dina mengatakan, melalui ajang itu, diharapkan meningkatkan kegemaran masyarakat menyantap ikan. Diakui, ada anggapan di masyarakat jika pengolahan ikan ribet dan tidak praktis.

Anggapan ini, menurutnya, berimbas pada angka konsumsi pangan ikan di Jateng. Menurut data, konsumsi ikan per orang di Jateng baru mencapai 37,22 kilogram per kapita. Artinya, setiap orang dalam setahun hanya mengonsumsi sekitar 37,22 kilogram ikan.

Melihat kondisi tersebut, pihaknya terus mendorong untuk mengejar tingkat konsumsi ikan nasional yang mencapai 55,16 kg per kapita. Apalagi, potensi produksi ikan di Jateng melebihi kebutuhan masyarakat.

“Jumlah konsumsi ikan tahun ini naik 1,01 persen dibandingkan jumlah pada 2020 yang mencapai 36,21 kg per kapita setara ikan segar. Kalau nasional 55,16 kg per kapita,” sebutnya.

Menurut Dina, berdasarkan data, semester I 2022 jumlah produksi perikanan (tangkap dan budidaya) mencapai 399.556 ton. Sedangkan kebutuhan ikan konsumsi di Jateng 116.657 ton.

Baca Juga :  Ditantang Membuat Produk Digital Baru, Terbaik Dibantu Rp 100 Juta

“Kita juga menyuplai ke daerah lain. Nah dengan acara ini kami berharap agar antusiasme masyarakat makan ikan bertambah. Di sini akan dibagikan cara memasak ikan dengan berbagai macam,” pungkas Dina. (provjateng/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?