PERESMIAN. Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi didampingi, Bupati Magelang Zaenal Arifin, Plt Kapolresta Magelang Sajarod Zakun dan jajaran Forkompimda saat mengukuhkan peningkatan tipe Polres Magelang menjadi Polresta Magelang. (foto: prokompim)
Siedoo.com - PERESMIAN. Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi didampingi, Bupati Magelang Zaenal Arifin, Plt Kapolresta Magelang Sajarod Zakun dan jajaran Forkompimda saat mengukuhkan peningkatan tipe Polres Magelang menjadi Polresta Magelang. (foto: prokompim)
Daerah

Polres Magelang Beranjak Jadi Polresta Magelang, Berikut Penjelasan Kapolda Jateng

MAGELANG, siedoo.com – Polres Magelang kini resmi naik tipe menjadi Kepolisian Resor Kota (Polresta) Magelang. Ada beberapa alasan soal naiknya tipe tersebut.

Kapolda Jawa Tengah (Jateng), Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan, peningkatan tipe polres merupakan upaya institusi Polri dalam memenuhi dinamika dan ekspektasi masyarakat. Terutama, dalam hal pelayanan kepolisian, untuk mewujudkan Polri Presisi di tengah masyarakat Jawa Tengah.

Secara yuridis formal Polres Magelang sudah dinaikan tipe menjadi Polresta. Tentu ini mengandung suatu konsekuensi bahwa dinamika masyarakat wilayah Magelang memang selayaknya ditingkatkan. Pertimbangan di wilayah tersebut ada destinasi nasional, Candi Borobudur.

Yang kedua, lanjut Irjen Pol Ahmad Luthfi melihat dan menimbang terkait jumlah penduduk dan wilayah hukum Polresta Magelang yang terdiri hampir dari 353 Desa dan 20 Kecamatan.

“Konsekuensi yang lain karena tipenya akan naik, maka Kapolresnya akan menjadi Kombes, para Kasat itu menjadi Kompol, termasuk Polsek-Polsek akan kita tingkatkan,” kata Irjen Pol Ahmad Luthfi.

Irjen Pol Ahmad Luthfi berharap kepada seluruh jajaran Polresta Magelang untuk lebih meningkatkan kinerja dan profesionalismenya dalam rangka menangkap aspirasi dan harapan masyarakat. Sehingga, kedepan Kamtibmas bisa tercipta untuk menghadapi kegiatan nasional maupun internasional di wilayah Kabupaten Magelang.

Peresmian ini dilakukan Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi didampingi segenap Jajaran Forkompimda Kabupaten Magelang di halaman Polresta Magelang, Selasa (8/11/2022).

Sementara, Plt Kapolresta Magelang AKBP Sajarod Zakun menambahkan, dengan kenaikan tipe tersebut maka akan ada konsekuensi penambahan jumlah personel di jajaran Polresta Magelang.

“Kalau sekarang jumlah riil personel kami ada di angka 983 personel. Sehingga kalau sesuai Daftar Satuan Personel (DSP) itu harusnya 1.200 personel. Kalau menjadi tipe C (Polresta Magelang) maka jumlah DSPnya seharusnya 1500 personel, maka perlu adanya penambahan jumlah mendekati angka 1.500 ini,” bebernya.

Baca Juga :  Gerakan Membaca Buku 15 Menit Dongkrak Minat Baca Siswa

Bupati Magelang Zaenal Arifin juga memberikan apresiasi dan siap memberikan dukungan sepenuhnya kepada jajaran Polresta Magelang.

Ia berharap dengan adanya kenaikan tipe ini jajaran Polresta Magelang menjadi lebih presisi dan pelayanan kepada masyarakatnya jauh lebih baik lagi.

“Saya akan memberikan support penuh dengan jajaran Polresta Magelang untuk sinergitas itu tadi,” ungkap, Zaenal. (prokompim/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?