PERINGATAN. Siswa-siswi SMP N 13 Kota Magelang mengikuti acara peringatan maulid Nabi Muhammad SAW di lapangan sekolah. (foto: istimewa)
Siedoo.com - PERINGATAN. Siswa-siswi SMP N 13 Kota Magelang mengikuti acara peringatan maulid Nabi Muhammad SAW di lapangan sekolah. (foto: istimewa)
ADV Kegiatan

SMPN 13 Kota Magelang Peringati Maulid Nabi Muhammad, Teladani Akhlak Nabi

MAGELANG, siedoo.com – Berbagai acara digelar dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Termasuk, bagi SMP Negeri (SMPN) 13 Kota Magelang, Jawa Tengah.

Sekolah yang beralamat di Jalan Pahlawan Nomor 167 ini menggelar tausiah keagamaan yang diikuti seluruh siswa-siswi muslim di lapangan sekolah, Senin (10/10/2022). Acara tersebut membahas tentang sejarah kelahiran, mukjizat hingga akhlak Nabi Muhammad.

“Acara ini merupakan program kerja dari OSIS SMP Negeri 13 Kota Magelang. Tujuan kami menyelenggarakannya untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT dan lebih memahami sejarah lahirnya Nabi Muhammad SAW,” kata Ketua OSIS SMPN 13 Kota Magelang, Sielva Zuleika Awabin, Kamis (13/10/2022).

Sebagai pematerinya adalah Ustadz Akur yang dalam penyampaiannya dikolaborasi dengan sulap dan permainan boneka. “Dalam acara tersebut kami juga membuka sesi tanya jawab dan kuis. Bila ada 10 siswa dapat menjawab pertanyaan, maka kami berikan hadiah,” tambahnya.

Waka Kesiswaan SMPN 13 Kota Magelang, Rovky Verdiwan berharap acara tersebut dapat memberikan pengetahuan, pencerahan mengenai lahirnya Rasulullah, serta anak-anak dapat memahami sikap-sikap nabi dan menjadikan pelajaran khususnya bagi anak-anak yang muslim mengenai kehidupan Rasulullah.

“Semoga anak-anak dapat meneladani sikap dan sunah Rasulullah, sehingga berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari. Khususnya, dalam menghadapi beratnya tantangan kehidupan di masa sekarang, terutama soal akhlak,” harapnya.

Melansir dari mui.or.id, melalui kitab Shafat ash-Shafwah, Imam Abul Faraj Abdurrahman bin Al Jauzi, menjelaskan contoh keteladanan Rasulullah Muhammad SAW dalam lima aspek kehidupan.

1. Tidak Pernah Sombong

Kerendahan hati merupakan sifat karakter yang sangat penting dimiliki setiap orang, karena sifat ini melahirkan berbagai sikap luhur dan menenangkan kehidupan masyarakat. Seperti yang disampaikan Nabi Muhammad SAW, beliau selalu rendah hati kepada siapapun dan tidak pernah menyombongkan diri bahkan atas kehormatan dan keistimewaannya.

Baca Juga :  Pencegahan Covid-19 di Lingkungan Akademi Militer, Begini Caranya

2. Lemah Lembut

Akhlak mulia Rasulullah SAW dikenal memiliki akhlak yang paling mulia untuk dijadikan teladan bagi umatnya. Akhlaknya yang paling mulia selalu menyertakan pendapat yang baik, dia tidak pernah melakukan hal-hal buruk, berperilaku kasar, dan tidak pernah berteriak.

Apalagi Rasulullah SAW tidak pernah membalas perbuatan buruk yang menimpanya kepada siapapun. Bahkan, dia mendoakan orang yang menyakitinya dengan hal-hal yang baik.

3. Tipe Pecinta Semua

Kecintaan Nabi Muhammad SAW terlihat dari sifat-sifatnya yang sangat mulia. Beliau dikenal lemah lembut terhadap para sahabatnya. memaafkan mereka dan meminta kepada Allah SWT untuk mengampuni dosa dan kesalahan mereka, Nabi juga sangat mengenal anak-anak.

Dikatakan bahwa ketika Nabi Muhammad SAW sedang berdoa, dia mendengar seorang anak kecil menangis dan menjadi khawatir tentang anak itu. Nabi kemudian mempercepat shalatnya karena mengetahui bahwa ibunya pasti sangat khawatir dengan tangisan putranya.

4. Toleran

Sifat pemurah Rasulullah selanjutnya yang harus dimiliki setiap Muslim adalah selalu bersikap toleran. Kualitas ini membuat seseorang taat kepada Allah SWT semaksimal mungkin. Misalnya, kesabaran dalam menghadapi cobaan atau kejadian yang tidak menyenangkan dan kemampuan untuk menerimanya dengan sepenuh hati.

5. Dermawan

Kedermawanan Rasulullah SAW dikenal dengan kebesaran dan kedermawanan jiwanya. Memberikan sesuatu dari Allah SWT tanpa keegoisan dan kemunafikan. (fanny/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?