KOORDINASI. Panitia Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tengah melalukan koordinasi. (foto: kemenag)
Siedoo.com - KOORDINASI. Panitia Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tengah melalukan koordinasi. (foto: kemenag)
Nasional

14.979 Siswa Madrasah Perebutkan Tiket KSM Tingkat Nasional

JAKARTA, siedoo.com – Sebanyak 14.979 siswa memperebutkan tiket Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat nasional yang akan digelar Oktober 2022 mendatang. Dalam dua hari kemarin, 10 – 11 September mereka memasuki tahap seleksi tingkat provinsi di Indonesia.

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, M Isom Yusqi mengatakan, KSM Provinsi digelar secara luring. Para peserta dikumpulkan di lokasi yang ditetapkan Kanwil Kemenag Provinsi masing-masing.

“Saya berpesan, agar kegiatan KSM  selalu menjaga integritas, objektivitas, dan transparansi agar terjaga kualitas dan mutunya,” tutur Ishom dikutip dari kemenag.go.id, Senin (12/9/2022).

Kasubdit Kesiswaan yang juga Penanggung Jawab KSM tahun 2022 Nanik Puji Hastuti menjelaskan, kompetisi ini diikuti para juara 1, 2 dan 3 KSM tingkat kabupaten/kota yang dilaksanakan pada pertengahan Agustus 2022. KSM Tingkat Provinsi dilaksanakan dengan menggunakan sistem tes berbasis komputer atau CBT yang disiapkan dan dibawah kendali Komite KSM Pusat.

“Sistem pengawasan dilakukan dilaksanakan secara luring dan virtual. Sistem pengawasan virtual dilaksanakan secara silang dengan pengawas provinsi lain,” paparnya.

Pelaksanaan KSM terbagi dalam dua sesi ujian. Sesi pertama berlangsung dari pukul 07.30-09.30 WIB dan sesi kedua berlangsung dari pukul 10.00-12.00 WIB.

Pada hari pertama, 10 September 2022, dilaksanakan ujian Matematika, Biologi dan Fisika (sesi pertama), serta Kimia, Ekonomi dan Geografi (sesi kedua). Semuanya untuk jenjang MA/SMA.

“Pada hari kedua, 11 September 2022, sesi pertama dilaksanakan ujian Matematika, IPA dan IPS  jenjang MTs. Sedangkan sesi kedua dilaksanakan ujian Matematika dan Sains untuk MI,” urainya.

Ketua Tim Ahli KSM 2022 dari  UIN Sunan Ampel Surabaya Kusaeri menjelaskan bahwa hasil KSM Provinsi nantinya dapat dilihat di portal ksm.kemenag.go.id. Pemenang tiap provinsi akan bertarung ke babak berikutnya, tingkat nasional di Jakarta pada 10-14 Oktober 2022.

Baca Juga :  Tes CPNS Rencana di 875 Lokasi, Sistemnya UNBK

Kusaeri menilai, pelaksanaan KSM tingkat provinsi 2022 berjalan tertib dan terkendali. Hal ini ditunjukkan dengan sedikitnya komplain dari peserta pada web helpdesk serta tingkat partisipasi yang lebih dari 99,55%. Angka tersebut mengalami kenaikan dibanding tahun lalu 99%.

“Tidak bisa 100% tingkat partisipasi peserta, disebabkan beberapa daerah mengalami kendala listrik padam pada hari H pelaksanaan,” ucapnya.

“Sehubungan dengan kendala tersebut, panitia pusat memberikan kebijakan perpanjangan waktu pengerjaan ujian,” sambungnya.

Para peserta juga tampak semangat mengikuti KSM. Di antara mereka, ada yang sampai harus menyusur laut untuk sampai lokasi ujian. Misalnya, siswa dari MA Tonu Jaya, Maluku. Untuk mengikuti KSM Tingkat Provinsi Tahun 2022, mereka harus menempuh perjalanan perahu dikarenakan asal daerah peserta tersebut dari Pulau Kelang Maluku. (kemenag/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?