PBVSI. Ketua Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia Kota Magelang Waluyo. (foto: ist)
Siedoo.com - PBVSI. Ketua Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia Kota Magelang Waluyo. (foto: ist)
Daerah

Haornas 2022, Ketua BPVSI Kota Magelang Waluyo: Olahraga Merupakan Kebutuhan

MAGELANG, siedoo.com – Hari Olahraga Nasional (Haornas) diperingati setiap 9 September dengan tema yang berbeda. Tahun 2022 merupakan Haornas ke-39. Tema yang diangkat “Bersama Cetak Juara”.

Peringatan hari tersebut menuai harapan. Salah satunya dari Ketua Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Kota Magelang, Waluyo.

Menurutnya semangat membangun keolahragaan harus terus digelorakan, terutama pasca pandemi covid-19.

“Masyarakat perlu sadar bahwa olahraga itu merupakan kebutuhan supaya jasmani dan rohaninya sehat, serta untuk anak-anak muda dapat bertumbuh kembang dengan menggali skill yang mereka punya,” ujarnya, Ahad (11/9/2022).

Waluyo yang juga anggota DPRD ini mengungkapkan Kota Magelang memiliki predikat baik dalam pengelolaan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). Diantara buktinya dapat mencetak atlet-atlet berprestasi yang mengharumkan nama daerah.

“Harapan saya di bawah KONI yang saat ini mulai bangkit dan berbenah diri, dengan lebih memperhatikan Korcab (koordinator cabang) supaya dapat berjalan kembali di masing-masing cabang olahraga. Kemudian sudah harus dipikirkan reward apa yang diberikan pada anak-anak yang berprestasi dalam bidang olahraga dengan anggaran yang telah diberikan,” tuturnya.

Dia berpendapat bahwa sudah waktunya untuk generasi muda lebih semangat.

“Kurangi ketergantungan pada gadget dan mulailah melakukan hal-hal positif untuk meraih prestasi di masa depan,” tandasnya.

Sebagai informasi, puncak acara Haornas tahun 2022 diselenggarakan secara offline di Stadion Batakan, Balikpapan. Acara dihadiri Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali, Gubernur Kaltim Isran Noor, Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud, jajaran Forkopimda Kaltim serta para gubernur/kepala daerah di Indonesia.

Puncak acara ditandai dengan pemberian bola sepak dan penekanan tombol sirine oleh Wapres Ma’ruf Amin, disusul penyerahan penghargaan kepada insan olahraga berprestasi oleh Menpora Zainudin Amali, serta penayangan hiburan dari Armada Band dan tari kolosal oleh 750 anak-anak SMA dan Sanggar Seni/Kebugaran Kota Balikpapan.

Baca Juga :  MTQ, Kesempatan untuk Gali Potensi Pelajar

Dilansir dari kemenpora.go.id, Menpora Amali menyebut Haornas ke-39 menjadi momentum menggelorakan masyarakat untuk berolahraga.

“Haornas tahun ini jadi momentum untuk kembali menggelorakan semangat yang ada yaitu mengolahragakan masyarakat dan memasyaraktkan olahraga,” kata Menpora Amali dalam sambutannya.

Menurut Menpora Amali, ditengah pandemi Covid-19 ini sangat perlu untuk menjaga daya tubuh. Dengan tubuh yang bugar, masyarakat dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan lancar. Diharap, masyarakat dapat menjadikan olahraga sebagai bagian dari gaya hidup.

Disamping itu, Menpora Amali menjelaskan pemilihan Balikpapan sebagai lokasi peringatan puncak Haornas 2022 menjadi wujud komitmen pemerintah untuk menyukseskan Ibu Kota Nusantara (IKN). Kegiatan-kegiatan olahraga juga direncakan akan diarahkan ke IKN.

“Pemilihan di Balikpapan ini bertujuan untuk mendekatkan ke IKN, karena nantinya pusat kegiatan akan dibangun IKN. Termasuk juga untuk pemusatan latihan timnas sepak bola akan di IKN,” terang Menpora Amali. (prokompim/kotamgl/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?