Daerah

Tingkatkan Imunitas Tubuh melalui Pendidikan Kesehatan

MAGELANG - Pendidikan kesehatan sebagai langkah peningkatan kesadaran akan pentingnya konsumsi buah dan sayur pada era pandemi dalam meningkatkan imunitas tubuh. Banyak kandungan dan manfaat mengkonsumsi sayur dan buah. Serta terdapat dampak pula yang timbul akibat tidak mengkonsumsi sayur dan buah.

“Semua macam buah dan sayur memiliki kandungan berbeda yang berguna untuk peningkatan imunitas tubuh di masa pandemi ini,” ujar Ns. Eka Sakti Wahyuningtyas, M.Kep, Ketua Tim Pengabdian Pada Masyarakat Terpadu (PPMT) di Panti Asuhan Omah Berkah di Dusun Sumurbandung RT 03/RW 06, Sumurarum, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Seperti diketahui, Covid-19 di Indonesia hingga saat ini kian memprihatinkan. Sehingga perlu adanya tindakan pencegahan, baik secara individu maupun kelompok. Salah satu upaya yang bisa dilakukan pada tingkat keluarga adalah memperhatikan asupan nutrisi guna meningkatkan imunitas tubuh.

Untuk membantu mewujudkan hal tersebut, para mahasiswa Keperawatan Fikes Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma) melaksanakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat Terpadu (PPMT) di Panti Asuhan Omah Berkah memberikan Pendidikan Kesehatan mengenai “Gemar Makan Sayur (Germasur)”. Tim itu terdiri dari Kurniasani Nirmana, Wening Ramadhanti, Ratna Raudhotul Jannah, Lailatul Husni, dan Indah Nur Fatimah.

Peserta kegiatan itu 30 orang, terdiri dari 24 anak asuh dan 4 pengurus panti. Program pengabdian dilakukan selama kurang lebih 1 bulan mulai dari 14 juni sampai 28 Juli 2021.

Selain memberikan pendidikan kesehatan mengenai Germasur, Tim PPMT Berkah juga memiliki program kerja mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan mengolah barang barang berkas yang yang bisa didaur ulang menjadi tong sampah. Pengurus Panti Omah Berkah, Andi Sutanto menyambut baik program ini.

“Saya berharap dengan adanya program ini anak-anak dapat mengetahui mengenai pentingnya mengkonsumsi sayur dan buah. Serta meningkatkan kepatuhan hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari,” jelasnya. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?