PUTRA. Regu Putra dari SMP SMP IT Ihsanul Fikri Mungkid sedang berpose. (foto: instragram)
Siedoo.com - PUTRA. Regu Putra dari SMP SMP IT Ihsanul Fikri Mungkid sedang berpose. (foto: instragram)
ADV Pendidikan

Ikuti Jamnas XI, Dua Siswa SMP IT Ihsanul Fikri Mungkid Raih Penghargaan

MAGELANG, siedoo.com – Dua siswa SMP IT Ihsanul Fikri Mungkid, Magelang, Jawa Tengah meraih penghargaan dalam Jambore Nasional (Jamnas) XI pada 11-21 Agustus 2022 di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta.

Mereka adalah Fathan Azka Khoirieomar sebagai Duta Muda Perlindungan Anak dan Janeta Nasywatul sebagai Duta Muda WWF.

“Duta Muda Perlindungan Anak ini tertuju untuk melindungi anak-anak dari berbagai kejahatan,” kata Fathan, Rabu (31/8/2022).

Peserta yang dikirim dalam Jamnas tersebur dari SMP IT Ihsanul Fikri Mungkid dua regu. Masing-masing berisikan delapan siswa putra dan delapan siswa putri.

“Sedangkan WWF merupakan singkatan dari World Wide Fund for Nature atau Duta Muda Pengelolahan Sampah Plastik,” tambah Janeta.

Mereka mengaku melakukan persiapan selama enam hari dengan persiapan mental, fisik, dan belajar tentang kepramukaan.

Kemudian, kedua siswa tersebut diberi apresiasi pihak sekolah berupa tanda penghargaan dan ucapan selamat saat melaksanakan apel pagi.

Tak ingin menyurutkan semangat atas penghargaan yang didapat, mereka memberikan motivasi bagi orang-orang di sekitar.

“Jangan takut dengan kemampuan diri sendiri, jadilah dirimu seutuhnya karena hanya dirimu  yang tau kemampuanmu,” ujar Fathan.

“Jadilah lebih baik dari yang terbaik,” sambung Janeta.

Ditemui secara terpisah, salah satu guru di SMP IT Ihsanul Fikri Mungkid, Andika Karisma menyatakan, sekolah mendukung penuh dalam hal administrasi, pendaanaan, dan persiapan siswa khususnya kesiapan mental dan fisik untuk mengikuti kegiatan Jamnas.

“Siswa dapat menerapkan pelajaran kehidupan yang didapatkan dari pondok di acara Jamnas dan sekaligus belajar arti penting kebhinekaan dengan bertemunya peserta dari berbagai penjuru Indonesia,” tandasnya.

Sebagaimana diketahui, Jamnas XI tersebut diikuti 8.042 pramuka penggalang dari seluruh Indonesia. Penutupan dilakukan oleh Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Kak Budi Waseso.

Baca Juga :  Sekolah Ikut Berperan dalam Konsep Magelang Sejuta Bunga

Kak Budi Waseso berharap persaudaraan di kalangan peserta Jamnas akan terus berlangsung sehingga mereka dapat memupuk jiwa persatuan dan kesatuan yang berlandaskan Pancasila yang tetap memegang teguh Bhinneka Tunggal lka dan NKRI.

“Agar Indonesia dimasa depan dapat menjadi bangsa yang lebih besar, maju, sejahtera, damai, dan bersahabat,” kata Kak Budi.

Kita semua dapat bersaudara, ujar Kak Budi, tanpa memandang perbedaan suku, ras dan agama, antar golongan dan perbedaan lainnya.

Termasuk juga dengan pramuka penggalang yang berkebutuhan khusus kita dapat saling membantu dan menjalin persaudaraan yang setara maupun sederajat. Ada 66 pramuka yang memiliki kekhususan yaitu tuna netra, tuna daksa, tuna rungu dan tuna grahita yang ikut serta.

Jamnas ke-11 tahun 2022 ini bertema “Ceria, Berdedikasi dan Berprestasi.” Kegiatan Jamnas dipersiapkan, direncanakan dan dilaksanakan dengan menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19 yang ketat.

Kegiatan Jamnas bersifat edukatif, rekreatif, kreatif, produktif, inovatif, kompetitif, dan menantang dengan menggunakan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan dalam bentuk permainan, diskusi, demonstrasi, simulasi dan kompetisi. (aulia/siedoo)

Berita di atas bisa juga baca di www.smpit-ihsanulfikrimungkid.com

Apa Tanggapan Anda ?