KARYA. Busana karya siswa-siswi SMK Muhammadiyah 1 Borobudur ditampilkan dalam ajang BNC. (foto: istimewa)
Siedoo.com - KARYA. Busana karya siswa-siswi SMK Muhammadiyah 1 Borobudur ditampilkan dalam ajang BNC. (foto: istimewa)
ADV Pendidikan

Keren! Busana ‘Light Up Your Night’ Karya Siswa SMK Muhammadiyah 1 Borobudur Turut Meriahkan BNC

MAGELANG, siedoo.com – SMK Muhammadiyah 1 Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah turut serta memeriahkan gelaran Borobudur Night Carnival (BNC), Sabtu (27/8/2022) malam. Sekolah yang beralamat di Jalan Syalendra Raya tersebut menampilkan karya busana bertema “Light Up Your Night”.

Sebagaimana diketahui, gelaran BNC untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-77. Kesempatan itu diikuti 38 peserta. Yakni, 11 peserta dari Kabupaten dan Kota se-Jawa Tengah dan 27 dari desa dan Instansi Kecamatan Borobudur.

“Kami menampilkan tujuh kostum hasil kreasi dari siswa Tata Busana dan kostum produksi “Teaching Factory M-One Dress Prenting”. Semua dipersembahkan oleh siswa dan siswi SMK Muhammadiyah 1 Borobudur,” kata Kepala Prodi Tata Busana sekaligus Koordinator Busana Karnaval SMK Muhammadiyah 1 Borobudur, Alkarimah, S.Pd, Selasa (30/8/2022).

Dijelaskan tema “Light Up Your Night” yakni busana menggunakan lampu sebagai penghias. Disamping itu juga ditampilkan busana produksi dari “Teaching Factory M-One Dress Prenting”. Bahan produksinya adalah jersey. Akun instagramnya jersey.borobudur.

Kepala SMK Muhammadiyah 1 Borobudur, Munif Hanafi mengaku sangat bangga dengan kreatifitas siswa.

“Acaranya sangat bagus karena beberapa sekolah dapat menunjukkan keunggulan dan karyanya, sehingga bisa menyalurkan kreatifitas siswa. Dengan keikutsertaan dalam memeriahkan acara juga sebagai branding sekolah supaya dapat dikenal si masyarakat,” tandasnya.

Daerah di Jawa Tengah yang mengikutinya meliputi Kabupaten Demak, Kota Salatiga, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Pemalang, Kota Semarang, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Semarang, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Purworejo, dan Kabupaten Cilacap.

Rutenya dari lapangan Kujon, melewati jalan Medang Kawulan dan berakhir di terminal Borobudur. Ribuan orang tumpah ruah di sepanjang rute yang dilalui acara tersebut.

Sebagai pembuka pasukan Paskibraka, disusul kontingen dari Kota Semarang yang membawakan Tari Warak Ngendog. Dilanjutkan kontingen dari Kabupaten Pemalang yang memeragakan Pesona Kain Goyor. Kontingen dari Kabupaten Banjarnegara kemudian menyusul dengan Tari Kidung Serayu, Kabupaten Demak dengan Dadung Awuk dan sebagainya.

Baca Juga :  Peduli Warga Sekitar Sekolah, Alumni SMK Negeri 1 Kota Magelang Gelar ‘Cawang Berbagi’

“Kita mulai di tahun 2022. Semoga ini menjadi awal yang baik untuk kemajuan Borobudur, kemajuan Kabupaten Magelang dan kemajuan bangsa kita,” kata Camat Borobudur Subiyanto.

Subiyanto berharap walaupun sampai saat ini masih ada pandemi covid-19, pihaknya tetap mencoba untuk tetap menjalankan geliat ekonomi masyarakat. Harapannya nantinya bisa menjadi event tahunan yang menggelorakan wisata di Borobudur.

Ia menambah penyelenggaraan Borobudur Night Carnival ini tetap mematuhi protokol kesehatan, semua peserta diwajibkan untuk vaksin booster.

“Untuk penonton sendiri bisa menjaga jarak dan memakai masker,” tandasnya. (fatna/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?