INVENSI. Penerimaan penghargaan dari PT. Astra Honda Motor International Tbk - Honda Yogyakarta kapada pemenang kategori Invensi dalam kompetisi AHM Best Student 2022. (foto: ist)
Siedoo.com - INVENSI. Penerimaan penghargaan dari PT. Astra Honda Motor International Tbk - Honda Yogyakarta kapada pemenang kategori Invensi dalam kompetisi AHM Best Student 2022. (foto: ist)
ADV Inovasi Pendidikan

Hebat! Siswa SMK IT Ma’arif Kota Magelang Juara 1 AHM Best Student Jateng-DIY

MAGELANG, siedoo.com – Prestasi siswa SMK IT Ma’arif Kota Magelang, Jawa Tengah menggembirakan. Belakangan ini meraih juara 1 Astra Honda Motor (AHM) Best Student Jawa Tengah (Jateng) – DIY Tahun 2022 kategori invensi yang diselenggarakan AHM Yogyakarta. Tajuk yang diangkat “Berkreasi Menebar Inspirasi”.

“Saat ini kami sudah mengupload dan melengkapi persyaratan yang dibutuhkan di tingkat nasional. Saat ini sedang menunggu hasil pengumuman pemenangnya,” ucap Kepala SMK IT Ma’arif Kota Magelang, Eka Veranika Arte S. Pd, Jumat (19/8/2022).

Pihak sekolah berharap peserta didik yang lain dapat terinspirasi dan maju.

“Kita dapat membuktikan bahwa sekolah swasta itu bisa. Dan, terdapat anak-anak yang berprestasi sehingga menginpirasi anak-anak yang lain,” tambahnya.

SMK IT Ma’arif Kota Magelang mengambil tema “Minyak Limbah Kulit Ari Kelapa”. Tema ini terinspirasi dari krisis dan kelangkaan minyak goreng yang terjadi di tahun 2022 dengan harga mahal.

“Dari situ anak-anak jiwa sosialnya muncul dan mencari alternatif. Salah satunya dengan cara memanfaatkan limbah yang selama ini tidak terpakai langsung dibuang itu, bisa kita olah menjadi suatu hal yang bernilai ekonomi dan dapat membantu masyarakat sekitar,” ucap guru pembimbing, Mega Ayu Kharisma S. Pd.

Ide tersebut dicetuskan dari salah satu siswa jurusan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor bernama Renvi Ekamaya Khoirunnisa. Kemudian ia dibantu timnya, yaitu Aldyansyah Nurohman dan Meifa Sarifatul Rahma.

“Kita membuat karya tulis tentang pemanfaatan limbah kulit air kelapa yang biasanya dibuang. Kemudian kita oleh untuk menjadi minyak goreng sebagai pengganti minyak sawit,” tandasnya.

Ditemui secara langsung, peserta yang tergabung di tim tersebut mengungkapkan bahwa mereka merasa senang, karena mendapat pengalaman dan wawasan baru.

Baca Juga :  Mahasiswa ITS Rancang Kapal Transporter untuk Mengantarkan Pasien Covid-19

“Saya berharap ketiga anak tersebut dapat menjadi juara di tingkat nasional,” ucapnya.

Selain itu, guru pembimbing yang lain, M Dwi Raharjo S.Pd, berpesan agar anak-anak lebih maju dan jangan mudah merasa puas.

“Sehingga, kedepannya dapat mengikuti ajang yang lainnya,” terangnya. (siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?