DISAJIKAN. Gethuk siap dimakan. (foto: rumahpendidikan)
Daerah Kegiatan

Wadahi Pelaku IKM Gethuk, Disdikbud Kota Magelang Gelar Festival

MAGELANG-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Magelang, Jawa Tengah menyelenggarakan Festival Gethuk untuk pertama kali.  Festival akan berlangsung selama tiga hari, mulai 5-7 Agustus 2022, di Alun-alun Kota Magelang. Festival digelar sebagai wadah para Industri Kecil Menengah (IKM) gethuk di kota tersebut.

“Jadi tema gethuk diangkat karena Kota Magelang terkenal dengan sebutan Kota Gethuk. Banyak produsen gethuk yang ada di kota ini,” kata Pamong Budaya Ahli Muda Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Magelang, Agus Hartanto, Ahad (31/7/2022).

Agus menyebutkan fesetival tersebut juga menggandeng pelaku seni untuk ikut serta memeriahkannya.

“Kita bekerja sama dengan pelaku kesenian. Selama tiga hari nanti kita akan menampilkan berbagai macam pentas seni yang ada di Kota Magelang,” ungkapnya.

Kegiatan yang dibarengkan dengan Magelang Expo Craft ini diselenggarakan sebagai upaya mempopulerkan makanan daerah kepada masyarakat.

“Tujuannya menjadikan daya tarik atau wisatawan tentang keanekaragaman tentang produk-produk ciri khas yang dihasilkan para IKM lokal,” ucapnya

Disamping untuk meningkatkan perekonomian, juga untuk membangkitkan pelaku IKM agar terus melestarikan gethuk sebagai makanan tradisional.

“Ini juga sebagai sarana untuk memotivasi masyarakat agar bangkit dari keterpurukan serta semangat dalam melestarikan dan mengembangkan seni budaya,” tambahnya.

Agus menyebutkan festival tersebut juga akan menghadirkan IKM gethuk dari berbagai daerah.

“Diperkirakan ada 32 stand yang sudah kita data. Ada dari daerah Purwokerto, Salatiga, Klaten, Banyumas dan lainnya,” ucapnya

Ia mengharapkan masyarakat Kota Magelang turut menyaksikan acara tersebut agar lebih mengenal makanan tradisional ini.

“Kami berharap masyarakat bisa menyaksikan Festival Gethuk yang merupakan suatu produk lokal. Nanti masyarakat bisa menyaksikan bagaimana pembuatan gethuk dan nanti akan ada beberapa stand gethuk yang akan demo,” imbuhnya. (prokompim/kotamgl/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?