ADV

GenBI Komisariat UNDIP Realisasikan Peran Sebagai Agent of Change dan Front Liner

SEMARANG – Generasi Baru Indonesia (GenBI) Komisariat Universitas Diponegoro selenggarakan kegiatan GenBI Mengajar pada Sabtu (12/03/2022) dan Sabtu (26/03/2022) di SDN 01 Kalisidi, Ungaran.

GenBI Mengajar sendiri merupakan program kerja Divisi Edukasi GenBI Universitas Diponegoro 2021 yang diselenggarakan sebagai bentuk kewajiban GenBI sebagai agent of change dan front liner Bank Indonesia dalam melakukan penyuluhan dan pendidikan mengenai rupiah untuk anak usia dini di pedesaan.

Dengan diadakannya GenBI Mengajar, diharapkan mampu mengimplementasikan materi yang telah diajarkan pada hal-hal positif sehingga dapat memberikan kebermanfaatan bagi siswa SDN 01 Kalisidi.

GenBI Mengajar 2022 dihadiri oleh 136 peserta yang merupakan siswa sekolah dasar kelas 1 hingga kelas 5 SDN 01 Kalisidi. Kegiatan hari pertama yang dilaksanakan pada Sabtu (12/03/2022) bekerja sama dengan Divisi Sosling GenBI Undip. Dalam kegiatan GenBI Mengajar mengadakan lomba mewarnai dan menggambar dengan tema Literasi Keuangan: “Gemar Menabung”.

Kemudian, pada (26/06/2022) dilakukan pemberian materi mengenai Cinta, Bangga, dan Paham (CBP) Rupiah sebagai materi pertama yang kemudian dilanjutkan dengan materi kedua dengan topik pembahasan tentang Literasi Keuangan, Gemar Menabung. Dalam pemberian materi terdapat pula kuis yang digunakan untuk melihat keaktifan siswa dalam pembelajaran di kelas.

Setelah pemberian materi selesai, seluruh siswa kelas 1 sampai kelas 5 dikumpulkan di lapangan untuk pemberian makanan ringan serta pengumuman juara lomba mewarnai dan menggambar yang telah berlangsung pada 12 Maret lalu. Panitia juga memberikan hadiah bagi siswa teraktif di setiap kelas.

Dalam upacara penutupan, MC menyampaikan pesan agar materi yang telah disampaikan dapat diterapkan pada kehidupan sehari-hari. GenBI Mengajar yang dilaksanakan pada 26 Maret ini diakhiri dengan pemberian ucapan terima kasih kepada pihak sekolah dan dokumentasi bersama guru SDN 01 Kalisidi.

Shania Asa selaku penanggung jawab acara GenBI Mengajar menyampaikan, “Sudah seharusnya GenBI sebagai front liner dari Bank Indonesia bisa menyampaikan kebijakan yang dibuat oleh Bank Indonesia khususnya kepada siswa sekolah dasar.

Pemahaman tentang Cinta, Bangga, dan Paham (CBP) Rupiah ini merupakan hal yang sangat penting diajarkan kepada anak usia dini sehingga diharapkan kedepannya generasi penerus bangsa dapat lebih mengenal dan bangga terhadap rupiah”. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?