ADV

Selangkah Lebih Maju, SMP N 2 Magelang Jalin Kerjasama dengan Universitas Tidar

MAGELANG – Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Magelang menjalin kerjasama dengan Universitas Tidar (UNTIDAR). Kerjasama ini merupakan bagian dari pembinaan kegiatan ekstra keagamaan SMP N 2 Magelang dengan UKM Iqsan.

Kerjasama ini menjadi tanda bahwa UNTIDAR melalui UKM Iqsan mensupport Sumber Daya Manusia dalam kegiatan keagamaan di SMP N 2 Magelang.

Tidak hanya perihal keagamaan, SMP N 2 Magelang akan menggandeng pihak UNTIDAR untuk memberikan pelatihan bidang penulisan ilmiah untuk meningkatkan keterampilan menulis tenaga pendidik. Selain itu dengan kerjasama ini SMP N 2 Magelang menyatakan bersedia menjadi sumber data penelitian bagi UNTIDAR.

Jalinan kerjasama antara SMP N 2 Magelang dengan UKM Iqsan dinilai akan sangat berdampak positif terutama bagi SMP N 2 Magelang. Beberapa benefit yang akan didapat diantaranya pelatih seni Islami seperti tilawah, tartil, rebana, dan kaligrafi profesional. SMP N 2 Magelang juga akan mendapat ilmu untuk peningkatan kompetensi para tenaga pendidik.

Beberapa tokoh penting yang hadir diantaranya Rektor, wakil rektor Bidang Akademik, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Kepala BAKPK, Koordinator Perencanaan, Humas dan Kerjasama, Drs. H Sovia Nur, Ka Kan Kemnag Kota Magelang, H. Abdil Rasyid M.Hum, Kasubag TU Kemenag Kota Magelang. Selain itu hadir pula Kepala Sekolah, Waka Bidang Kesiswaan, dan Guru Agama Islam SMP N 2 Magelang.

Penandatanganan Program Kerjasama antara Bidang 3 UNTIDAR (UKM Iqsan) dengan SMP N 2 Magelang dilaksanakan pada Jumat (25/03) pukul 10.00 hingga 11.00 WIB.

Acara dimulai dengan pemutaran video profil UNTIDAR tepat pada pukul 10.00 WIB. Kemudian pembukaan oleh MC, menyanyikan lagu Indonesia Raya, doa bersama, dan acara inti penandatanganan kerjasama.

Terdapat dua berkas penandatanganan kerjasama, yaitu Nota Kesepahaman oleh Rektor Universitas Tidar Prof. Dr. Ir. Mukh Arifin, M.Sc. dan Kepala Kantor Kemenag Kota Magelang Drs. H. Sofia Nur.

Dilanjutkan dengan Penandatangan PKS oleh WR Bidang kemahasiswaan dan Alumni Prof. Dr. Sugiyarto, M.Si. dan Kepala SMP N 2 Kota Magelang Fatin Mahdalina, S.Pd.

Usai penandatanganan, acara dilanjut dengan penyampaian sambutan dari berbagai pejabat seperti Rektor Universitas Tidar Prof. Dr. Ir. Mukh Arifin, M.Sc., sambutan Kepala Kementerian Agama Kota Magelang Drs. H. Sofia Nur, dan terakhir sambutan Kepala SMP N 2 Magelang Fatin Mahdalina, S.Pd.

Kegiatan terdekat yang akan dilaksanakan dari kerjasama ini ialah kegiatan Gema Taman Santri Ramadhan SMP N 2 Magelang serta pembinaan kegiatan ekstra kaligrafi dan tilawah yang akan dilakukan secara rutin.

Kedua pihak berharap, bahwa kerjasama ini dapat berlanjut dan terus membangun sinergi positif antara kampus dan sekolah sehingga peserta didik dapat memiliki keterampilan seni Islami yang unggul. Selain itu dengan kerjasama ini diharapkan tenaga pendidikan SMP N 2 Magelang dapat menimba ilmu dari para akademisi UNTIDAR.

“Saya bersyukur sekali sudah terlaksana penandatanganan Perjanjian Kerjasama dengan Universitas Tidar ini untuk mendukung pencapaian target-target program Ekstrakurikuler dan Kokurikuler Keagamaan di SMP N 2 Magelang,” ujar Fatin.

Fatin menambahkan bahwa dalam rangka pembentukan Profil Pelajar Pancasila, kegiatan keagamaan ini juga sebagai salah satu proses pelaksanaan program unggulan sekolah yaitu Religious and SMaRT School.

Ia mengungkapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Rektor Universitas Tidar beserta Civitas Academinya, Kepala Kantor Kemenag Kota Magelang, serta Plt Kadinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang atas support dan dukungannya, sehingga kegiatan unggulan sekolah berjalan lancar, menuju pencapaian Visi Kota Magelang, Maju, sehat dan Bahagi, dan Program Unggulan PROGRAMIS (Program Magelang Agamis). (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?