SERTIJAB. Prosesi serah terima jabatan Nanang Nurdiyanto sebagai Kepala Sekolah di Karanganyar. (foto: ist)
ADV

Luar Biasa! Guru SMK N 1 Kota Magelang Ini Mendapat Promosi Jabatan Kepsek

MAGELANG – Salah satu guru SMK N 1 Kota Magelang, Nanang Nurdiyanto, S.Pd, M.Eng mendapat amanah baru promosi jabatan menjadi kepala sekolah (kepsek) di SMK Negeri 1 Puhpelem Wonogiri. Prestasi dan peran yang luar biasa menjadikannya pantas mendapat amanah tersebut.

Sejak 2005 ia telah mengabdi sebagai guru otomotif SMK N 1 Kota Magelang. Selain guru otomotif, Nanang juga menjabat sebagai Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas dan Hubungan Industri.

Berkaca dari rekam jejak yang baik, Kepala SMK N 1 Kota Magelang kala itu Drs. Nisandi, M.T merekomendasikannya untuk mengikuti seleksi kepala sekolah. Terbukti ia lolos dan akhirnya mengikuti pelatihan kepala sekolah.

Dalam kepemimpinan Nanang di Bidang Humas dan Hubungan Industri banyak inovasi yang ia lakukan. Diantaranya pengubahan sistem PKL dan pendaftaran BKK. Adapula Penelusuran Tamatan yang tadinya manual, saat ini diubah menjadi sistem online yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun oleh siswa dan alumni bahkan masyarakat secara umum.

Nanang selama pengabdiannya di SMK N 1 Kota Magelang telah menginisiasi digitalisasi sistem pelayanan hubungan masyarakat dan hubungan industri dengan update tampilan website, update informasi sekolah via web dan sosmed, serta penambahan jaringan industri untuk PKL dan rekrutmen alumni.

Sebagai bentuk perayaan akan promosi tersebut, diadakan pula acara sebagai ucapan selamat secara daring melalui Zoom Meeting. Kepala Cabang Dinas (Cabdin) Pendidikan Wilayah 8 Dr. Nikmah Nurbaiti dalam sambutannya memberikan ucapan selamat dan apresiasi serta melepas secara resmi bapak dan ibu guru yang dipromosikan menjadi kepala sekolah dan keluar dari wilayah Cabdin 8.

Perpisahan resmi dengan bapak ibu Guru SMK N 1 Kota Magelang akan diagendakan lagi setelah selesai kegiatan sertijab pada sekolah yang akan dipimpin.

Nanang merupakan guru yang aktif dan kreatif serta mengikuti perkembangan teknologi khususnya pada bidang otomotif. Banyak siswa yang ia didik telah berhasil bekerja pada instansi dan industri ternama di Jawa Tengah maupun Nasional.

Bagi para muridnya, Nanang adalah sosok guru dengan kair yang melejit. Awal tahun 2005 beliau menjadi guru oromotif biasa, lalu menjadi Staf Bidang Humas dan Hubungan Industri, lalu diangkat sebagai Ketua Jurusan Otomotif Kendaraan Ringan.

Belum lama ia menjabat sebagai Ketua Jurusan Otomotif, Nanang kemudian dipilih menjadi Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas dan Hubungan Industri. Belum usai masa jabatannya dalam periode ini, Nanang kembali dipromosikan sebagai kepala sekolah. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?