SIMBOLIS. Penyerahan simbolis maskot Disperpusnas "Aca" (Ayo Membaca) oleh Kadisperpusnas pada acara FGD, Selasa (21/2/2023). (foto: hesti/siedoo)
Siedoo.com - SIMBOLIS. Penyerahan simbolis maskot Disperpusnas "Aca" (Ayo Membaca) oleh Kadisperpusnas pada acara FGD, Selasa (21/2/2023). (foto: hesti/siedoo)
ADV

Disperpusip Kota Magelang Gelar FGD untuk Menyusun Renja 2024

MAGELANG, siedoo.com Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Rencana Kerja (Renja) 2024 dilaksanakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Kota Magelang, Selasa (21/2/2023).

FGD berlangsung pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 10.30 WIB di ruang rapat gedung dinas setempat. FGD dibuka Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Magelang, Drs. Arif Barata Sakti, M.T.

Acara yang bertema “Berkarya Unggul untuk Maju, Sehat, dan Bahagia” ini untuk meningkatkan layanan bidang perpustakaan dan layanan bidang kearsipan guna meningkatkan pemerataan dan akses layanan.

Keberadaannya kian hari kian mendapatkan tantangan seiring dengan berkembangnya layanan yang diberikan serta meningkatnya tuntutan untuk terus meningkatkan kualitas layanan.

Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Magelang, Fivi Restu Handayani, S.H., mengatakan FGD kali ini dilaksanakan untuk mempersiapkan dan menyusun rancangan rencana kerja tahun 2024 sebagai bahan untuk penyusunan rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Magelang 2024.

“Kami ditarget oleh Bapedda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) untuk menyusun rancangan renja 2024 terakhir pada 23 Februari 2023. Maka, harus dilaksanakan FGD sebelumnya,” ujarnya.

Berdasarkan penuturan Fivi, pembuatan RKPD melalui beberapa tahapan. Adapun tahapannya adalah melaksanakan FGD, menyusun rancangan RKA (Rencana Kerja dan Anggaran) 2024 dan menyusun KAK (Kerangka Acuan Kerja) dan penginputan.

Pada acara FGD ini, Disperpusip mengundang 58 stakeholder, yaitu semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Magelang, pihak perpustakaan sekolah, kecamatan, kelurahan, hingga tokoh masyarakat.

“FGD ini adalah kegiatan gabungan antara bidang perpustakaan dan kearsipan, sehingga tadi diisi oleh dua narasumber dari Kabid Perpustakaan, Dra.Taat Sutjiati, M.Si dan Kabid Kearsipan, Chomsah Susilaningsih, SE. M.Acc.,” tambah Fivi.

Ia mengungkapkan bahwa OPD dan masyarakat yang hadir dapat memberikan usulan untuk kemajuan Disperpusip, yang mana nantinya akan dimasukkan ke dalam rancangan renja 2024.

Baca Juga :  Ikuti Jamnas XI, Dua Siswa SMP IT Ihsanul Fikri Mungkid Raih Penghargaan

Acara FGD ini ditutup dengan penandatanganan berita acara dan dilanjutkan dengan nonton bareng film pendek produksi Disperpusip yang berjudul “Ada Apa Dengan aCa” di mini teater gedung dinas setempat. (hesti/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?