PKL. Pembekalan Siswa PKL Oleh Guru dan Perwakilan Industri. (foto: madya tantri/siedoo.com)
ADV

SMKN 1 Kota Magelang Alokasikan Siswa PKL di Luar Kota hingga Luar Provinsi

MAGELANG – Pandemi menyebabkan segala hal ikut berubah mengikuti perkembangan zaman yang semakin cepat. Berbeda dari tahun sebelumnya, tahun ini SMKN 1 Kota Magelang, Jawa Tengah melakukan pemilihan PKL dengan sistem informasi pemilihan industri atau siprakerin yang dapat diakses via online seperti KRS pada link berikut http://www.prakerin.smkn1magelang.sch.id/

Proses alokasi PKL siswa terdapat 5 tahapan, meliputi pembekalan, penjajakan, penerjunan, monitoring, dan penarikan PKL. SMK N 1 Kota Magelang juga mengundang perwakilan industri untuk memberikan pengarahan kepada siswa peserta PKL.

Sebelum masa PKL berlangsung, staf bidang Humas dan Hubungan Industri akan membuatkan forum diskusi dan komunikasi antara sekolah dan siswa melalui grup Telegram untuk memberikan pemberitahuan dan informasi terkait program PKL 2022.

Melalui sosialisasi tersebut siswa diharapkan mengetahui informasi PKL serta siap dalam mengikuti PKL. Sebelum PKL dimulai akan ada pembekalan dari sekolah dan industri. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan gambaran siswa berkaitan dengan seperti apa dunia industri.

Dijelaskan pula dalam sosialisasi bahwa siswa akan mengerjakan pekerjaan sesuai bidang kerja di lokasi PKL, mengikuti instruksi atasan atau pemilik perusahaan. Tentunya berdasarkan kurikulum pembelajaran yang ada.

Adapula sanksi bagi siswa yang lalai dalam menyelesaikan PKL, siswa tidak dapat mengikuti pembelajaran di kelas atau tingkat berikutnya. Dengan kata lain siswa akan tidak naik kelas.

Siswa PKL yang diterjunkan terbagi menjadi tiga sesi. Sesi pertama akan dilakukan pada 31 Januari hingga 22 April dengan sejumlah 284 siswa. Sesi kedua pada 6 Juni hingga 30 Agustus dengan total 289 siswa. Sesi terakhir dilaksanakan tanggal 4 Juli hingga 30 Desember yang berjumlah 62 siswa.

Program PKL sesi 1 dan 2 diperuntukkan bagi siswa kelas XI, sedangkan sesi 3 untuk siswa kelas XII. Lama waktu PKL berbeda-beda tiap sesinya. Pada sesi 1 dan 2 selama 3 bulan, dan sesi 3 selama 6 bulan. Sesi ketiga ini khusus bagi jurusan konstruksi gedung dengan masa study 4 tahun atau setara D1.

Sekolah akan menyediakan industri/instansi tempat PKL yang sudah bekerja sama dengan sekolah yang dapat dipilih melalui sistem pada link prakerin.smkn1magelang.sch.id. Selain itu siswa juga dapat meencari tempat PKL sendiri dengan cara mengisi formulir online pengajuan PKL mandiri.

SMK N 1 Kota Magelang mengalokasikan siswanya pada sekitar 205 industri dan instansi yang tersebar di Magelang, Temanggung, Jogja, Semarang bahkan Jawa Barat dan Jakarta.

“Saya berharap PKL ini dapat membekali siswa dengan pengetahuan nyata di industri atau instansi tentang budaya kerja, sehingga saat lulus nanti siswa siap kerja di industri atau instansi,” ujar Plt Kepala SMK N 1 Kota Magelang, Drs. Uu Sanusi, M.T. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?