KUNJUNGAN. Kegiatan siswa SMK Kesdam IV Diponegoro pada saat wisata literasi. (foto: madyatantri/siedoo.com)
Siedoo.com - KUNJUNGAN. Kegiatan siswa SMK Kesdam IV Diponegoro pada saat wisata literasi. (foto: madyatantri/siedoo.com)
ADV Daerah

SMK Kesdam Jalin Kerjasama dengan Perpusda Selenggarakan Wisata Literasi

MAGELANG – SMK Kesdam IV Diponegoro melakukan kunjungan ke Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kota Magelang, baru-baru ini. Kunjungan wisata literasi ini merupakan kunjungan pertama yang dilakukan oleh sekolah tersebut.

“Baru pertama ini SMK Kesdam melakukan kunjungan Perpustakaan, namun kedepannya akan kami usahakan untuk menjadi agenda rutin,” ujar salah satu guru SMK Kesdam, Varadina Purwitasari A.Md.

Karena pandemi yang belum usai, maka Perpusda Kota Magelang memiliki kebijakan untuk membatasi kunjungan kolektif sejumlah 50 orang pada tiap kunjungan. Sehingga perlu membagi menjadi 2 gelombang agar seluruh siswa dapat memiliki kesempatan berkunjung.

Pada kunjungan ini SMK Kesdam IV Diponegoro mengkhususkan bagi siswa kelas X saja yang terdiri dari 83 siswa. Kunjungan dimulai pada pukul 08.00-11.30 WIB. Masing-masing gelombang mendapatkan waktu sekitar 1,5 jam untuk membaca buku-buku yang ada di sana.

Namun selain membaca, siswa juga dapat menonton film di ruang mini teater. Film tersebut tidak berdurasi panjang dan pemilihannya disesuaikan dengan usia.

Saat awal kedatangan, siswa diperkenalkan tentang semua layanan yang tersedia di perpustakaan, juga cara mencari buku yang dibutuhkan melalui komputer OPAC. Selain itu siswa mendapat penjelasan tentang proses pengolahan buku sebelum dilayankan.

“Menurut saya wisata literasi ini merupakan kegiatan yang sangat baik. Selain sebagai bentuk rekreasi, dapat juga menjadi sarana siswa mencari literatur karya tulis mereka,” imbuh Varadina.

Pada dasarnya wisata literasi merupakan program dari Perpusda Kota Magelang kepada sekolah-sekolah mulai dari jajaran TK hingga SMU. Namun tidak hanya sekolah saja, komunitas atau organisasi juga memiliki kesempatan untuk melakukan wisata literasi tersebut.

Bagi instansi atau komunitas yang ingin melakukan wisata literasi maka dapat mengirimkan surat permohonan minimal satu minggu sebelum pelaksanaan. Masyarakat juga dapat melihat informasi layanan melalui akun Instagram @disperpusip_kotamagelang milik Perpusda yang tentunya akan diupdate pada setiap waktu.

Baca Juga :  Kasmah, Siswi SMKN 1 Simpang Jernih Juara Renang O2SN

Perpusda Kota Magelang sudah mulai resmi membuka layanan pada 19 Oktober 2021 lalu. Namun karena pandemi, sementara ini hari operasional hanya mulai Senin hingga Jumat saja. Layanan Perpusda buka mulai pukul 07.00 WIB dengan break pada 10.30-11.00 WIB untuk penyemprotan disinfektan.

Protokol kesehatan sangat ketat diterapkan, seperti setiap meja yang memiliki pembatas akrilik sebagai sekat antar pengunjung, wastafel cuci tangan di depan pintu masuk, anjuran memakai masker. Pada awal pembukaan layanan pada Oktober kemarin pihak perpustakaan turut membagikan masker kepada para pengunjung. Sekaligus mengedukasi untuk tetap menjaga kesehatan dan menerapkan cara hidup baru dimasa pandemi.

Saat ini Perpusda Kota Magelang tengah dalam proses pengembangan ruang baca outdoor. Ruang baca tersebut untuk memfasilitasi para pengunjung yang menginginkan suasana baca lebih segar dan terbuka.

“Wisata buku menjadi sarana pengenalan buku dan perpustakaan kepada anak-anak. Harapannya mereka akan menjadi gemar datang dan gemar membaca,” tukas Pustakawan Perpusda Kota Magelang, Mungki Mulianti, S.IP. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?