SELEKSI. Tes seleksi PPPK Guru Tahun 2021 digelar di SMKN 1 Kota Magelang. (foto: madyatantri/siedoo.com)
ADV Daerah

Seleksi PPPK Guru 2021 Sukses Digelar di SMKN 1 Kota Magelang

MAGELANG – PNS dan PPPK merupakan bagian dari Aparatur Sipil Negara (ASN). Perbedaannya, PPPK ada kontrak kerja antara pemberi kerja yaitu instansi pemerintah daerah provinsi maupun kabupaten/kota dengan masa kerja yg ditentukan. Sedangkan hak dan kewajiban yang diberlakukan adalah sama.

Perancanaan tes PPPK pada awalnya terdiri dari 3 tahap. Sebelumnya tahap pertama untuk Kota Magelang juga dilaksanakan di SMKN 1 Kota Magelang. Pada tahap kedua berlangsung dari tanggal 7-9 Desember 2021 dilanjut tanggal 12 untuk susulan.

Jumlah peserta tahap kedua bervariasi. Pada Selasa dan Rabu (7-8/12) sejumlah 120 peserta. Sedangkan pada Kamis (9/12) yaitu 119 peserta. Seleksi susulan juga diselenggarakan bagi peserta yang sakit atau melahirkan pada Minggu (12/12/2021).

Pada tahapan kedua ini terdapat 2 sesi per harinya. Sesi pertama di mulai pukul 7.00 WIB dan peserta harus hadir mengikuti registrasi dilanjutkan transit dan tes. Sesi 2 dimulai pukul 13.00 WIB, peserta diharapkan sudah hadir di lokasi untuk registrasi kembali.

Pendaftaran dilakukan melalui sistem sscasn BKN bersamaan dengan pendaftaran CPNS yang sudah berlangsung beberapa waktu lalu. Langkah awal dimulai dengan pembuatan akun, verval ijazah, pemilihan formasi, dan melengkapi persyaratan-persyaratan. Semua hal tersebut dilakukan secara online.

Terdapat tiga kategori guru yang berhak mengikuti seleksi tahap 2 ini, yaitu guru honorer yang terdaftar di dapodik dan mengajar di sekolah negeri yang pada tahap pertama belum lolos, guru swasta yang terdaftar di dapodik, atau guru dengan sertifikat pendidik (serdik).

SMKN 1 Kota Magelang ditunjuk oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah sebagai pelaksana atau menjadi kepanjangan tangan dari panitia pusat Kemdikbudristek dalam seleksi ASN PPPK tahap 2. Hal ini semata-mata karena SMKN 1 Kota Magelang memiliki fasilitas yang memadahi khususya laboratorium komputer dengan spesifikasi komputer sesuai dengan syarat dari Kemdikbudristek.

Registrasi berada di gedung serba guna Grha Kridha Wiyata, transit di gedung jurusan listrik, ruang tes berada di laboratorium komputer jurusan komputer dan jaringan lantai 2 serta ruang Reptaloka sebagai sekertariat.

Untuk menjadi tuan rumah penyelenggara, SMKN 1 Kota Magelang melakukan beberapa persiapan. Diantaranya yang perlu dipersiapkan ialah kepanitiaan, ruangan, komputer server sebanyak 3, komputer client sebanyak 60 serta sarana dan prasarana pendukung lainnya seperti lahan parkir, koneksi internet, listrik dan lain sebagainya.

Dengan menjadi tuan rumah penyelenggara, SMKN 1 Kota Magelang berharap semoga kedepannya semakin baik dalam pelayanan terhadap masyarakat, dapat berguna bagi warga sekitar dan pemerintah setempat khususnya dalam pelayanan teknologi informasi sebaga TUK (Tempat Uji Kompetensi) yang baik.

“Semua ini adalah bagian dari proses untuk semakin baik lagi dalam pelayanan dan kelengkapan sarana prasarana sehingga dapat lebih meyakinkan masyarakat bahwa SMKN 1 Kota Magelang layak menjadi tempat pendidikan putra putrinya,” ujar Proktor Utama Seleksi ASN PPPK Guru Tahap 2 Kota Magelang, Awang Arief Setiawan, S.Kom. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?