Advertorial Daerah

Kuatkan Semangat Lanjut Jenjang Pendidikan Lewat #KuliahTakGentar

MAGELANG – Kuliah menjadi salah satu jenjang pendidikan tertinggi saat ini. Madrasah Aliyah (MA) Al-Iman Kota Magelang, Jawa Tengah membangkitkan semangat lanjut tingkat pendidikan siswanya melalui #KuliahTakGentar, program dari Dompet Duafa. Hal tersebut untuk memberikan informasi seputar beasiswa di perguruan tinggi.

“Terkait siswa untuk kuliah kadang semangatnya kurang. Salah satu penyebabnya ialah kendala ekonomi atau biaya. Sebelumnya kami lihat surat yang masuk dari Dompet Duafa, ada program mendampingi siswa yang kurang mampu untuk tidak gentar ke perguruan tinggi,” kata Waka Kesiswaan, Teguh Susendro, S.Pd.

Pihak sekolah merasa tertarik dengan program tersebut. Kemudian menerima dan memfasilitasi kegiatan motivasi dari pihak terkait kepada siswa.

#KuliahTakGentar adalah gerakan nasional dalam rangka proses advokasi, sosialisasi, dan motivasi kepada siswa SMA kelas XII (khususnya daerah marjinal) untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi atau kuliah.

Kuliah menjadi salah satu jalan dalam meningkatkan sumber daya manusia dan keilmuwannya bisa bermanfaat untuk orang banyak. Selain itu dapat meningkatkan pola pikir lebih dewasa.

Pada kesempatan tersebut, kegiatan motivasi kepada siswa disampaikan mahasiswa UGM (Universitas Gadjah Mada) Yogyakarta dan dibantu mahasiswa Untidar (Universitas Negeri Tidar) Magelang.

Salah satu mahasiswa UGM, Niken mengatakan, program ini sifatnya nasional. Dompet Duafa menciptakan suatu program agar bisa memberikan motivasi kepada siswa lulusan SMA/SMK atau sederajat untuk melanjutkan kuliah.

“Untuk kegiatan ini lebih fokus memberikan motivasi kepada adik-adik SMA/SMK atau sederajat, agar mau melanjutkan kuliah dan terus belajar. Sekaligus kita membantu memberikan informasi tentang beasiswa-beasiswa dari pemerintah maupun yayasan,” ujar Niken.

Misal ada siswa yang mempunyai masalah terkait biaya, maka akan dibantu untuk dicarikan informasi tentang beasiswa yang dibutuhkan. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?