Tokoh

Muji Setiyo, Profesor Ketiga di UNIMMA

MAGELANG – Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA), Jawa Tengah memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada salah satu dosen Program Studi D3 Mesin Otomotif, Fakultas Teknik (FT) Prof. Dr. Muji Setiyo, S.T., M.T. Ia berhasil meraih gelar Profesor dan menjadi Guru Besar dalam bidang ilmu Teknik Mesin.

Rektor UNIMMA, Dr. Lilik Andriyani, SE, MSi dalam sambutannya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas gelar yang disandang Prof. Muji. “Kami ucapkan selamat pada rekan kita yang masih sangat muda, 38 tahun, Prof. Dr. Muji Setiyo. Ini adalah salah satu generasi muda kami yang memiliki potensi sangat luar biasa,” katanya.

Untuk diketahui, di penghujung akhir tahun 2021, satu dosen Program Studi D3 Mesin Otomotif, Fakultas Teknik (FT) Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) berhasil meraih gelar Profesor. Bapak 3 anak ini tercatat sebagai Profesor ketiga di UNIMMA dan berhasil mendapatkan gelar tersebut pada usia 38 tahun dan masa kerja 11 tahun.

Berdasarkan pada Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia dengan nomor 65090/MPK.A/KP.05.01/2021, Prof Muji dinaikkan jabatannya menjadi Profesor dengan angka kredit sebesar 914,10 terhitung mulai 1 September 2021. Penyerahan SK jabatan akademik dilakukan langsung oleh Prof. Dr. Ir Muhammad Zainuri DEA, Ketua Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) VI di Aula Rektorat Kampus 2 UNIMMA pada Kamis (18/11/2021).

Ia menyampaikan bahwa kesempatannya datang ke UNIMMA selain memberi SK Profesor, juga memiliki tujuan yang lain. Diantaranya memberikan motivasi pada Rektor dan jajarannya untuk menunjukkan kinerja, akuntabilitas institusi serta menjadikan capaian gelar profesor sebagai indikator dan juga bagian karya ilmiah.

Dijelaskan bahwa peran LLDIKTI kali ini bertambah yaitu harus membina perguruan tinggi swasta untuk melakukan tranformasi dan akreditasi menuju 9 standar. Itu adalah hal yang sangat krusial.

“Maka harapannya, dengan turunnya SK Prof Muji, ini juga menjadi pemantik bagi rekan-rekan yang lain,” jelasnya.

Sementara itu, Prof. Muji saat ini menjabat sebagai Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM). Ia sebelumnya menyelesaikan studi S3 – nya di Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur.

“Ini merupakan satu catatan besar dalam hidup saya, menerima amanah dan bertepatan dengan hari lahir persyarikatan,” ungkapnya dalam sambutan di hadapan civitas akademika UNIMMA.

Ia juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada UNIMMA yang telah memberikan support sehingga dapat diraih gelar Profesor. “Mudah-mudahan ilmu saya dapat bermanfaat khususnya bagi Fakultas Teknik, UNIMMA dan juga LLDIKTI Wilayah VI,” beber Prof Muji. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?