Daerah

Beasiswa Prestasi untuk 26 Mahasiswa Berbagai Kampus di Sumatera Utara

MEDAN – Sebanyak 26 mahasiswa berprestasi di Sumatera Utara mendapatkan beasiswa dari Dompet Dhuafa Waspada di Aula Masjid Al Ishlah Jalan Kapten Muslim No. 54 Sei Sikambing, Medan Helvetia. Beasiswa ini merupakan program beasiswa entrepreneur yang diperuntukkan bagi mahasiswa berprestasi namun memiliki kendala ekonomi.

Para mahasiswa penerima beasiswa ini berasal dari berbagai kampus yang berbeda yakni USU, UIN SU, UISU, UNPAB, UMSU, dan ST-JM Tanjung Pura. “Kami ucapkan selamat datang kepada adik-adik semua di keluarga besar Dompet Dhuafa Waspada. Kalian adalah orang-orang terpilih, selamat atas perolehan beasiswanya,” kata Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Waspada, Sulaiman.

Sebelumnya para penerima beasiswa ini telah melewati proses seleksi dari Dompet Dhuafa Waspada, mulai dari seleksi berkas hingga seleksi wawancara. Serah terima dilakukan secara simbolis yang ditandai dengan penyerahan buku tabungan oleh Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Waspada, Sulaiman dan didampingi Manager Program Dompet Dhuafa Waspada, Halimah Tusa’dyah.

Terkait beasiswa ini, Sulaiman menjelaskan bahwa beasiswa sudah berlangsung sampai ke angkatan 30. Ia memotivasi para penerima beasiswa ini untuk memiliki semangat dalam menumbuhkan jiwa pengusaha. Sebagaimana harapan hadirnya beasiswa prestasi ini yang menginginkan para penerima beasiswa menjadi pengusaha sukses di masa depan.

“Untuk itu rangkaian pembekalan selama enam bulan ke depan akan kita lakukan agar dapat melatih jiwa entrepreneur adik-adik semua,” jelas Sulaiman.

Dalam acara serah terima ini juga, para penerima beasiswa diberikan pengenalan tentang lembaga Dompet Dhuafa Waspada oleh Manager Program Dompet Dhuafa Waspada, Halimah Tusa’dyah. Halimah ingin para penerima beasiswa ini yang sudah resmi menjadi keluarga besar Dompet Dhuafa Waspada bisa mengetahui lebih dalam tentang Dompet Dhuafa Waspada sebagaimana dikatakan bahwa mereka merupakan representatif dari lembaga.

“Setelah adik-adik bergabung di sini, maka adik-adik lah yang menjadi representatif lembaga Dompet Dhuafa Waspada. Maka dari itu kalian harus tahu bagaimana lembaga ini berjalan, bagaimana pengelolaannya, dan sebagainya,” beber Halimah.

Pada kesempatan ini, Halimah memberikan penjelasan secara singkat tentang sumber dana lembaga dan juga kemana disalurkannya. Jadi lembaga ini merupakan lembaga penghimpun dana Zakat, Infak, Sedekah, dan Wakaf serta dana sosial lainnya.

“Adapun penyalurannya ke berbagai program yaitu program pendidikan, dakwah, ekonomi, sosial, dan kesehatan,” ujarnya.

Usai dilakukan serah terima secara simbolis dan pengenalan tentang lembaga, selanjutnya penerima beasiswa ini diberikan selebaran untuk ditandatangani sebagai bukti akad secara tertulis dalam menerima beasiswa. Penyaluran beasiswa akan dilakukan secara bertahap setiap bulannya, dengan besaran 500 ribu rupiah per bulan dan disertai pembekalan soft skill dari lembaga di setiap bulannya. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?